Share

Ramadhan 2012

Di Bulan Puasa Ramadhan ini, umat Islam juga dianjurkan untuk bersilaturahmi kepada sanak famili ataupun rekan sejawat. Silaturahmi merupakan ibadah yang sangat agung, mudah dan membawa berkah. Sebagaimana Firman Allah SWT dan Sabda Rasulullah SAW:

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu” (QS. An Nisaa : 1).

“Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan ? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikanNya telinga mereka, dan dibutakanNya penglihatan mereka (QS Muhammad (47):22-23).

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat” (QS. Al Hujuraat : 10).

Barangsiapa yang suka dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya, maka sambunglah silaturahim (HR. Bukhari).

“Sesungguhnya Rahmat itu tidak diturunkan kepada kaum yang di dalamnya ada seorang pemutus keluarga” (HR. Bukhari).

“Tidak ada dosa yang Allah swt lebih percepat siksaan kepada pelakunya di dunia, serta yang tersimpan untuknya di akhirat selain perbuatan zalim dan memutuskan tali silaturahmi” (HR Tirmidzi).

Mempererat tali silaturahmi memiliki banyak manfaat bagi umat Islam, diantaranya:

  1. Mendapatkan ridho dari Allah SWT.
  2. Membuat orang yang kita dikunjungi berbahagia.
  3. Disenangi oleh manusia.
  4. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama.
  5. Meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan.
  6. Mempererat tali persaudaraan.
  7. Mempererat tali persahabatan.
  8. Menambah pahala setelah kematiannya. Dalam hal ini kebaikan manusia yang senang bersilaturahmi, akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.

Semoga dengan sedikit informasi di atas, semakin menambah kesempurnaan Kita dalam mempererat tali silaturahmi di Bulan Ramadhan yang suci ini.