Scroll to Top

Pemain Terbaik UEFA 2012: Cristiano Ronaldo, Andres Iniesta, atau Lionel Messi?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 14 Aug 2012

Ronaldo Messi Iniesta

30 Agustus 2012 mendatang, UEFA akan mengumumkan pemain terbaik mereka tahun 2011-2012. Dari 32 nama yang dinominasikan, tiga yang utama telah terpilih. Mereka adalah Cristiano Ronaldo (Real Madrid) Lionel Messi, dan Andres Iniesta (Barcelona).

Bagi Messi dan Ronaldo, masuknya nama mereka dalam tiga nominator terakhir, bukan hal baru. Tahun lalu, keduanya juga bersaing dalam ajang yang sama. Satu nama lain yang muncul pada 2011, adalah Xavi Hernandez (Barcelona). Pemenang UEFA Best Player 2011 sendiri adalah Lionel Messi dengan 39 dari 53 suara. Xavi Hernandez ada di posisi berikutnya dengan 11 suara. Terakhir, Cristiano Ronaldo menjadi yang terbawah dengan hanya didukung 3 suara.

Lionel Messi 9

Namun, lain tahun, lain pula cerita yang dapat terjadi. Tahun 2011, Messi dan Xavi sukses mengantar Barcelona menjuarai Liga Champions dan Liga Spanyol. Sementara, CR7 hanya membawa Madrid menjuarai piala ‘kelas dua’, Copa del Rey.

Musim 2011-12, kenyataan berbalik. 46 gol yang diborong Ronaldo mengantar Real Madrid menjadi yang terbaik di La Liga. Sementara, dengan 50 gol yang dilesatkan, Messi cuma membantu Barcelona menjadi runner-up —prestasi terburuk El Barca dalam empat tahun terakhir—.

Sementara itu, Andres Iniesta, aktor lini tengah Barcelona, telah menyihir dunia dengan aksi-aksinya sepanjang Euro 2012 lalu. Tidak hanay mengantar Spanyol menjadi yang terbaik di Eropa, gelar pemain terbaik turnamen pun disandang si nomor 8.

Andres Iniesta

Dengan ditetapkannya tiga nama ini, nama-nama lain tersingkir. Sebutkanlah Andrea Pirlo, gelandang Italia yang panenka-nya menyingkirkan Inggris di Euro 2012. Pirlo ada di peringkat empat.

Berikutnya, ada duo Spanyol, Xavi dan Iker Casillas yang menempati posisi kelima dan keenam. Casillas adalah kapten La Furia Roja di Euro 2012, sedangkan gelandang gaek Barcelona adalah aktor utama kesuksesan klub dan negaranya. Nama-nama terakhir yang masuk dalam 10 besar adalah: Didier Drogba (Chelsea), Petr Cech (Chelsea), Radamel Falcao (Atletico Madrid), dan Mesut Ozil (Real Madrid).

Cristiano Ronaldo 1

Nah, siapakah yang akan menjadi pemain terbaik UEFA tahun 2011-2012? Apakah Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, atau Andres Iniesta? Sembari menunggu pengumuman, tak ada salahnya jika Anda menebak di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda