Scroll to Top

Hasil Pertandingan Internasional: Jerman vs Argentina 1-3

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 Aug 2012

Jerman vs Argentina

Tim tango berhasil membalas dendam atas kekalahan Piala Dunia 2010 dalam pertandingan Jerman vs Argentina yang berakhir dengan skor 1-3. Lionel Messi yang sempat gagal mengeksekusi penalti, mencetak gol kedua Argentina. Gol lain tercipta dari bunuh diri Sami Khedira dan tendangan spektakuler Angel Di Maria. Gol hiburan tuan rumah berasal dari tandukan Benedikt Howedes.

Jerman memainkan formasi 3-6-1 dengan bertumpu pada Miroslav Klose, striker gaek yang menjadi kapten. Di samping menggunakan punggawa seperti Mesut Ozil, Thomas Mueller, dan Sami Khedira, Joachim Loew memakai jasa pemain yang capsnya kurang dari 10 laga internasional seperti kiper Ron-Robert Zieler, Marcel Schmelzer, Lars Bender, dan Marco Reus.

Sementara itu, Argentina memakai formasi 4-4-2 dengan mengandalkan duet Gonzalo Higuain-Lionel Messi. Kesempatan diberikan Alejandro Sabella untuk menambah jam terbang Federico Fernandez (Napoli) dan Ezequiel Garay (Benfica).

Menit sembilan, Gonzalo Higuain membuang kesempatan di depan mata. Kerjasama Jose Sosa dan Marcos Rojo berakhir dengan sodoran Rojo ke kotak penalti. Namun, Higuain yang tinggal berhadapan dengan Zieler melepaskan tembakan keras yang melambung terlalu tinggi.

Jerman vs Argentina (2)

Selang tiga menit, giliran Jerman yang gagal. Aksi Miroslav Klose membantu Mesut Ozil mendapatkan peluang. Namun, kiper Sergio Romero sigap membendung dengan kedua kakinya.

Jerman seakan mendapat petaka di menit 30. Sosa menerima umpan terobosan berlari, dan Zieler tak punya pilihan selain menjatuhkannya di kotak terlarang. Kartu merah melayang untuk sang kiper dan penalti diberikan untuk Argentina.

Mueller mesti menyudahi laga internasionalnya demi masuknya Marc-Andre ter Stegen. Dan sang kiper, yang laga terakhirnya dihujani 5 gol oleh Swiss, sukses menghentikan tendangan penalti Lionel Messi yang terlalu lemah di menit 32.

Jerman vs Argentina (3)

Argentina yang unggul jumlah pemain akhirnya bisa mencetak gol di ujung babak pertama. Bukan dengan cara yang cantik. Angel Di Maria melepaskan tendangan sudut yang cukup buruk, membentur Sami Khedira, dan ter-Stegen ditaklukkan oleh rekan sendiri. 0-1 menjadi skor sementara di babak pertama.

Jerman sempat menyamakan kedudukan di menit 49. Tembakan Marco Reus yang membentur tiang, diambil oleh Khedira yang menyodorkan bola kepada rekan sesama Real Madrid, Mesut Ozil. Meski Ozil sukses membobol gawang Romero, gol tak disahkan setelah Khedira terlebih dahulu berada di posisi off side.

Jerman vs Argentina (4)

Lionel Messi akhirnya membayar kegagalan penaltinya di menit 52. Pergerakan Gonzalo Higuain di sisi kanan kotak penalti lawan, berakhir dengan umpan kepada King Leo yang datang dari belakang. Messi menembakkan bola ke sudut kanan gawang ter-Stegen, yang kali ini harus takluk. 0-2 dan Frankfurt terdiam untuk kedua kalinya.

Angel Di Maria membuat sensasi di menit 71. Tembakan jarak jauhnya melesak masuk ke sudut kanan atas gawang ter-Stegen. Tertinggal 0-3, tuan rumah berhasil menyelamatkan sedikit kebanggaan 10 menit berselang. Kerjasama apik para pemain Jerman berakhir pada gerak cepat Mario Gotze. Sang pemain pengganti memberikan umpan silang maut yang ditanduk dengan sempurna oleh Benedikt Howedes.

Sempat diwarnai insiden masuknya seorang suporter ke lapangan, akhirnya Jerman tak kuasa lagi menelan kekalahan. Skor 1-3 menjadi milik Argentina sekaligus balas dendam atas kekalahan mereka di Piala Dunia 2010, kala tim panser melumat Lionel Messi dkk. dengan skor 4-0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda