Scroll to Top

Malware Android Meningkat 3 Kali Lipat Pada Kuartal Kedua 2012

By Ditya / Published on Thursday, 16 Aug 2012

Android Malware

Jumlah malware Android makin meningkat dan siap mengancam pengguna. Menurut laporan dari Kaspersky Lab, jumlah malware Android telah meningkat hingga 3 kali lipat selama kuartal kedua tahun 2012.

Android adalah sistem operasi populer yang mengasai lebih dari 50 persen pangsa pasar smartphone dan 30 persen pasar tablet di dunia. Popularitas Android ini tentu menjadi sasaran empuk bagi pembuat malware untuk menyerang Android.

Perusahaan keamanan dan produsen antivirus, Kaspersky lab telah melaporkan bahwa jumlah malware yang menyerang Android telah meningkat signifikan, hingga 3 kali lipat selama kuartal kedua tahun ini.

Perusahaan keamanan yang didirikan oleh Eugene Kaspersky ini melaporrkan bahwa sampai saat ini jumlah program jahat yang ditargetkan untuk menyerang Android telah mencapai 14.900, sangat memprihatinkan.

Malware android

Seperti yang dikutip dari Slashgear (16/08/2012), Kaspersky juga menambahkan, semakin meningkat popularitas Android, akan semakin meningkat pula jumlah program jahat atau malware yang ditargetkan untuk Android.

Fenomena seperti ini adalah hal yang wajar dan ini juga terjadi pada komputer dimana Windows adalah sistem operasi terpopuler dengan penguasaan pasar hingga 90 persen ini seperti sebuah magnet yang menarik ribuan malware dan virus untuk menyerangnya.

Perusahaan keamanan yang berbasis di Rusia ini juga menambahkan bahwa 49% malware Android tersebut berwujud sebuah trojan multifungsi yang mencuri data dari perangkat Android tanpa diketahui oleh sang pemilik.

Trojan jenis ini juga memiliki kemampuan untuk memperbarui dirinya dengan terhubung ke server yang dijalankan oleh sang pembuat program jahat dan seperempat dari trojan ini terdeteksi sebagai trojan SMS.

Trojan SMS ini akan menggerogoti pulsa korban dengan memaksa ponsel untuk mengirim SMS ke sebuah nomor premium dan trojan jenis ini telah tersebar di 47 negara.

Mengingat ancaman program jahat makin memprihatinkan, sebaiknya pengguna berhati-hati sebelum menginstall aplikasi, pastikan aplikasi yang akan diinstall tersebut jelas asal-usulnya sehingga mengurangi resiko terjangkit malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda