Scroll to Top

Barcelona Lebih Impresif daripada Real Madrid di Pertandingan Pertama Liga Spanyol?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 Aug 2012

Barcelona Real Madrid

Jika hanya melihat statistik dalam tiga musim terakhir, Barcelona lebih berpeluang unggul di klasemen sementara pekan pertama Liga Spanyol daripada Real Madrid. El Barca tercatat selalu menang, sementara Real Madrid pernah sekali tertahan.

Ada tren positif yang dibuat Barcelona dalam tiga musim terakhir. Mereka tak pernah kehilangan satu angka pun di jornada pertama La Liga. Tren ini dimulai pada musim 2009/2010. Di Camp Nou, saat menjamu Sporting Gijon, El Barca sukses menekuk tuan rumah dengan skor telak 0-3. Gol-gol disumbangkan oleh Bojan Krkic, Seydou Keita, dan Zlatan Ibrahimovic.

Musim berikutnya, giliran Racing Santander yang ditekuk di kandang lawan pada jornada pertama Liga Spanyol. Skor sama, 3-0. Lionel Messi, Andres Iniesta, dan David Villa bergantian menjadi pahlawan El Barca.

Musim lalu, pasukan Catalan memulai liga dengan lebih optimis. Menjamu Villarreal, margin terlalu besar diciptakan. Thiago Alcantara, Cesc Fabregas, Alexis Sanchez, dan Lionel Messi (2 gol) menjadi pencetak gol kemenangan pasukan Pep Guardiola kala itu.

Artinya, di pekan pertama La Liga dalam tiga tahun terakhir, El Barca selalu menang. Mereka tak pernah kebobolan, dan mampu menyarangkan 11 gol. Rekor impresif yang harus dilanjutkan Tito Vilanova dalam duel melawan Real Sociedad akhir pekan ini.

Barcelona

Lain Barcelona, lain pula Real Madrid. Dalam tiga tahun terakhir, mereka pernah sekali terpeleset di pekan pertama La Liga. Hal ini terjadi pada musim 2010-11, musim pertama Jose Mourinho. Bertandang ke markas Real Mallorca, hanya skor 0-o yang didapatkan.

Selebihnya, di musim 2009-10, Madrid sukses memetik kemenangan di laga pertama. Kala itu, menjamu Deportivo La Coruna, Los Merengues menang tipis 3-2. Raul Gonzalez, Cristiano Ronaldo, dan Lassana Diarra menjadi malaikat penyelamat El Real.

Barulah pada musim lalu —dalam tiga musim terakhir—, Real Madrid memulai liga dengan cara yang lebih spektakuler daripada Barcelona. Datang ke markas Real Zaragoza, 6 gol diborong oleh pasukan Jose Mourinho. Cristiano Ronaldo menciptakan hattrick, ditambah oleh Marcelo, Xabi Alonso, dan Ricardo Kaka.

Dua kemenangan dan sekali seri. Memasukkan 9 gol dan terbobol 2 kali. Catatan ini akan diuji oleh Valencia pada akhir pekan nanti.

Musim ini, layak ditunggu siapa yang akan lebih impresif di pekan pertama. Apakah Barcelona yang menghadapi sang raja di era awal 1980-an, Real Sociedad, ataukah Real Madrid yang menjamu Valencia, tim yang berpotensi merusak dominasi duo klub raksasa ini.

Real Madrid 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda