Scroll to Top

Daging Merah Dimasak Suhu Tinggi, Tingkatkan Risiko Kanker Prostat

By Ilham Choirul / Published on Friday, 17 Aug 2012

daging merah

Mengolah daging merah dengan suhu tinggi memengaruhi risiko terken kanker prostat. Risiko ikut meningkat jika konsumsi daging merah tersebut dilakukan secara rutin. Demikian menurut sebuah studi dari Mariana Stern, ahli epidemiologi di University of Southern California, Keck School of Medicine.

Kanker prostat adalah kanker yang lazim ditemukan pada pria. Stern mengatakan, jika pria ingin menghindari kanker prostat, sangat disarankan untuk menjauhi konsumsi daging merah. Jika pria makan daging ini 1,5 porsi per minggu dengan cara pengolahan ditumis, maka risiko terkena kanker prostat meningkat hingga 30 persen. Kalau porsinya lebih dari 2,5 porsi per minggu dan daging merah diolah dengan suhu tinggi, risikonya meningkat hingga 40 persen.

Stern mengatakan, ada hubungan antara mengolah daging merah pada suhu tinggi dengan kanker prostat. Pada daging merah ditemukan sebuah senyawa bernama polycyclic aromatic hidrocarbon (PAH) dan amina heterosiklik (HCA). Keduanya diketahui sebagai penyebab kanker pada hewan dan ditemukan pada asap rokok.

Saat daging merah dipanggang, lemaknya mengenai api dan menimbulkan asap pada daging. Dalam kondisi itu, terbentuk pula HCA yang disusun dari gula dan bahan molekul lain. Semakin lama dipanggang, HCA yang terbentuk semakin banyak. Ketika zat ini masuk tubuh maka menjadi karsinogen atau pemicu kanker.

“Ada bukti sugestif bahwa semakin banyak PAH dan HCA yang menumpuk di daging dapat menyebabkan kanker tertentu. Prostat adalah salah satunya,” kata Stern seperti dikutip MSN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda