Scroll to Top

Komunitas Pecandu Facebook, Apakah Solusi Bagi Anda?

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 03 Aug 2011

Jangan Anda kira Facebook tidak membuat seseorang kecanduan. Jika Anda amati ciri-cirinya, siapa tahu Anda juga termasuk salah satu pecandunya.

Bagaimana hasilnya? Anda termasuk salah satunya? Jangan khawatir, jika Anda merasa Anda mulai kecanduan sosial media, atau Facebook khususnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh para pecandu Facebook di Amerika ini yang berencana ingin insyaf katanya.

Dan Peguine dan Siavosh Arasteh, adalah beberapa dari pecandu Facebook yang mengaku sudah sangat kewalahan dengan perilakunya ini. Seperti yang dikutip dari Socialtimes, kedua orang ini menggagas pembentukan suatu komunitas yang membantu pecandu Facebook lainnya agar bisa mulai mengendalikan diri.

Mereka memiliki metode yang sebenarnya mungkin belum bisa dikatakan valid bisa benar-benar menyembuhkan kecanduan pada Facebook ini. Akan tetapi, tetap saja merupakan suatu pemikiran yang baik dan tentu saja tujuan yang mulia agar semua pecandu bisa juga mengikuti metode yang digagasnya.

Program yang dibuatnya adalah program rehabilitiasi 2 minggu online. Yaitu program yang menantang para anggota komunitasnya untuk memangkas penggunaan Facebook hanya sebanyak maksimal 2 kali saja per hari (termasuk penggunaan Facebook pada telepon genggam). Sebagai awalnya, 2 minggu ditetapkan untuk waktu uji cobanya.

Mereka hanya membuat Google Spreadsheet seperti gambar dibawah ini yang bisa Anda akses dan isi di http://bit.ly/facebook-rehab.

Akan tetapi sebelumnya Anda harus mendaftarkan diri dulu di situs mereka : www.faceanonymous.com, sekaligus bisa mempelajari lebih lanjut bagaimana mekanisme rehabilitasinya.

Bagi Anda yang menganggap hal ini cukup sepele, ternyata tidak bagi sebagian orang yang lain. Jika Anda perhatikan dari data anggota komunitas ini sebelumnya, bahkan ada yang mengakses Facebook lebih dari 20 kali per hari nya. Walaupun tidak bisa divalidasi kebenarannya, akan tetapi fenomena kecanduan Facebook ini memang suatu yang nyata.

Dan sudah saatnya bagi Anda untuk beralih kepada hal yang lebih substansial dalam hidup Anda, seperti pekerjaan, rumah tangga dan bahkan interaksi sosial dalam kehidupan nyata Anda. Kecuali, jika memang bisnis utama Anda menggunakan Facebook, tentu saja Anda tidak bisa dikategorikan sebagai pecandu Facebook.

Bagaimana dengan Anda? Sudah memerlukan bantuan untuk mengatasi kecanduan Facebook Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda