Scroll to Top

Rekor Piala Super Spanyol: Real Madrid vs Barcelona 5-3

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 22 Aug 2012

Piala Super Spanyol

Duel El Clasico di Piala Super Spanyol antara Barcelona vs Real Madrid bukanlah cerita baru. Sejak 1988, kedua klub sudah bertemu 10 kali. Los Blancos unggul dengan 5 kemenangan. Barcelona cuma berhasil menekuk sang rival abadi tiga kali. Sementara, dua laga berakhir imbang. Musim ini, hasil seperti apa yang terjadi untuk keduanya?

Butuh waktu enam tahun bagi Barcelona dan Real Madrid untuk bersua di Piala Super Spanyol sejak ajang ini diperkenalkan pada 1982. Duel pertama dua musuh bebuyutan ini di Supercopa de Espana terjadi pada musim 1988-89, tepatnya pada 21 dan 29 September 1988.

Saat itu, Real Madrid dan Barcelona sama-sama jago kandang. Di Bernabeu Los Blancos unggul 2-0 lewat gol Michel dan Hugo Sanchez. Sementara, di leg kedua yang digelar di Camp Nou, El Barca cuma bisa memaksakan hasil 2-1. Alhasil, Emilio Butragueno dkk.lah yang berhasil meraih gelar dengan agregat 3-2.

Pertemuan kedua terjadi pada musim 1990-91. Real Madrid yang berstatus sebagai juara La Liga musim sebelumnya, sukses menggasak Barcelona dengan agregat 5-1. Di leg pertama yang diselenggarakan di Camp Nou, El Real sudah unggul 0-1 lewat gol Michel.

Maka, pada pertemuan kedua, tanpa ampun El Barca disikat dengan skor 4-1. Sebagai catatan, kemenangan 0-1 di Piala Super Spanyol tahun tersebut, menjadi satu-satunya kemenangan tandang yang bisa diraih baik oleh Barcelona maupun Real Madrid sepanjang pergelaran Supercopa de Espana.

Duel ketiga berlangsung pada awal musim 1993-94. Lagi-lagi Real Madridlah yang berhasil menggondol Piala Super Spanyol. Meski cuma berstatus juara Copa del Rey, Los Blancos sukses menekuk Barcelona dengan agregat 4-2.

Kemenangan 3-1 di Santiago Bernabeu menjadi kunci. Apalagi di leg kedua, Ivan Zamorano membawa Los Blancos melenggang di menit 21. Meski Jose Bakero berhasil menyamakan kedudukan di menit 65, tidak ada dua gol tambahan bagi El Barca.

Barcelona-vs-Real-Madrid

‘Trauma’ Barcelona di Piala Super Spanyol berlanjut di awal musim 1997-98. Kali ini, meski unggul 2-1 di leg pertama, El Barca gagal menyentuh Supercopa de Espana karena dihajar 4-1 di Santiago Bernabeu. Raul Gonzalez, Predrag Mijatovic, dan Clarence Seedorf menjadi penghukum El Barca di duel kedua tersebut.

Keinginan El Barca meraih Piala Super Spanyol lewat El Clasico baru terjadi pada pertemuan kelima dengan Real Madrid, alias tahun lalu. Ketika itu, sukses menahan imbang Madrid 2-2 di Bernabeu, pasukan Pep Guardiola menang 3-2 di kandang sendiri dalam duel yang melibatkan insiden colokan mata Tito Vilanova oleh Jose Mourinho.

Total, lima kemenangan sudah didapatkan Real Madrid, berbanding 3 dari Barcelona. 21 gol yang dilesakkan Los Blancos diimbangi dengan 13 gol dari kubu Catalan. Kini, di Piala Super Spanyol 2012, siapakah yang akan memetik kemenangan? Real Madrid yang unggul dari sejarah, ataukah Barcelona yang mengulang kejadian musim lalu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda