Scroll to Top

Lima Strategi Khusus Jose Mourinho untuk El Clasico 24 Agustus 2012

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 22 Aug 2012

Jose Mourinho 3

Jose Mourinho menyiapkan lima strategi khusus untuk El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid yang akan terjadi pada 24 Agustus 2012. Dengan lima strategi ini, Los Merengues berharap mampu memetik satu poin atau bahkan kemenangan di Camp Nou.

Menghadapi Barcelona di kandang lawan adalah hal terberat yang akan dialami oleh siapa pun. Termasuk Real Madrid, juara Liga Spanyol musim lalu. El Barca tengah mendapatkan momentum sedangkan El Real sedang berada dalam periode kurang baik setelah hasil tak memuaskan di jornada pertama La Liga.

Jose Mourinho tak mau gegabah. Ia menyiapkan lima strategi khusus menjelang duel panas di Supercopa de Espana demi mendapatkan hasil maksimal.

1. Lini Pertahanan Berada Sejauh Mungkin dari Iker Casillas

Barcelona adalah tim yang sangat berbahaya jika sudah menyentuh kotak penalti. Mereka bisa mengacak-acak pertahanan lawan dengan umpan cepat dari kaki ke kaki. Sementara, Madrid kehilangan Pepe yang pandai menggerakkan pertahanan hingga mendekati garis tengah lapangan. Namun, masih Raul Albiol yang bisa memainkan hal serupa. Intinya, membuat para pemain Barcelona tak bisa mendekati pertahanan dan tewas oleh jebakan off side. Dalam laga El Clasico terakhir, 5 kali pemain Blaugrana terperangkap off side. Tiga di antaranya dialami Lionel Messi (2) dan Cristian Tello (1).

2. Rapatnya Jarak Gelandang Bertahan dan Bek Tengah

Untuk mengatasi hilangnya Pepe sekaligus menahan gempuran lini tengah Barcelona yang dipastikan unggul ball possession, gelandang bertahan El Real mesti bermain lebih rapat dengan para bek. Tidak boleh ada celah yang membuat para pemain Blaugrana leluasa. Mungkin saja Mou akan kembali memainkan trio defensive midfielder sekaligus: Xabi Alonso-Sami Khedira-Lassana Diarra.

Real Madrid 1

3. Mengurung Lionel Messi

King Leo tengah dalam masa subur. Dalam duel melawan Real Sociedad, ia mencetak 2 gol dalam 2 kesempatan pertama. Strategi lama Jose Mourinho untuk si nomor 10 harus kembali diterapkan: memasang lima hingga enam pemain untuk mengawalnya. Cara ini efektif dalam memandulkan King Leo pada empat El Clasico terakhir.

4. Hati-Hati dengan Bola Udara

Kelemahan Real Madrid adalah dalam bola udara dan set pieces. Masih ingat dengan gol Jonas di jornada pertama La Liga? Bagi seorang Jose Mourinho, ini adalah gol haram. Sebaliknya, Carles Puyol baru saja membobol gawang Real Sociedad dengan cara ini. Tendangan sudut Xavi Hernandez disambut tandukannya. Madrid yang memiliki bek-bek dengan tinggi badan menjulang harus mengoptimalkan kemampuan mereka jika tidak ingin dipermalukan seperti saat duel El Clasico Desember 2011 dan Januari 2012 di Santiago Bernabeu.

5. Memanfaatkan Ruang dan Mencetak Gol

Menghadapi Barcelona, siapa pun harus bersiap kebobolan. Maka, agar bisa pulang dengan minimal satu angka, Madrid harus mencetak gol. Barcelona kadang meninggalkan ruang kosong kala keasyikan menyerang, seperti di El Clasico akhir musim lalu dan kala bertemu Chelsea. Semuanya terjadi di Camp Nou. Dan Real Madrid dengan serangan baliknya, bisa mematikan Victor Valdes.

(Marca/ESPN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda