Scroll to Top

11 Fakta Menarik Tentang Google Maps

By Melissa / Published on Thursday, 23 Aug 2012

Fakta Unik Google Maps

Google Maps, layanan peta besutan Google ini terkenal dengan keakuratannya menampilkan gambar lokasi jalanan dan tingkat kemacetan lalu lintas di seluruh dunia.

Selain itu, Google Maps juga mudah diakses dari komputer, tablet atau handphone.

Simak fakta-fakta unik Google dalam mengumpulkan data untuk ditampilkan di Google Maps:

1. Seberapa besar data yang telah dikumpulkan Google Maps selama ini?

Berdasarkan gabungan dari data satelit, aerial dan street level, Google Maps memiliki lebih dari 20 petaybyte data yang setara dengan 21 juta GB atau 20,500 terabyte.

Monas Google Maps

2. Seberapa sering gambar Google Maps diperbaharui?

Bergantung dari ketersediaan data, gambar aerial dan satelit diperbaharui setiap 2 minggu. Gambar Street View di-update secepatnya meski tidak ada waktu pasti karena tergantung dari kondisi cuaca dan lalu lintas.

3. Bagaimana cara Google Maps mengontrol konten tidak layak di Street View?

Juru bicara Google mengaku terkadang mereka mendapat laporan gambar tidak layak dari para pengguna Google Maps, terutama di Street View. Tim Google yang secara rutin memantau laporan pengguna akan segera menangani keluhan tersebut.

4. Apakah Google menyamarkan setiap wajah seseorang yang tampak di Street View?

Google memakai teknologi otomatis untuk menyamarkan wajah orang-orang yang muncul di Street View. Para pengguna juga bisa meminta penyamaran lebih detil jika wajah orang tersebut dirasa masih tampak jelas.

Penyamaran Wajah Street View Google Maps

5. Siapa pemilik satelit yang dipakai untuk aerial view?

Satelit-satelit tersebut berasal dari berbagai sumber dan para penyedia pihak ketiga.

6. Bagaimana dengan area pribadi?

Para pemilik satelit dapat menyamarkan beberapa area pribadi sebelum gambar dari satelit tersebut diterima oleh Google. Pemerintah juga dapat memberi petisi kepada para pemilik satelit untuk menyamarkan area geografis yang dianggap sensitif.

Area Privat Google Maps

7. Negara mana saja yang memberi akses ke dalam museum dan bangunan di Street View?

Google telah bekerjasama dengan ribuan pemilik bisnis di 8 negara untuk membawa teknologi Street View ke dalam bangunan. Saat ini, layanan ini tersedia di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Selandia Baru, Perancis, Kanada, Irlandia dan Belanda. Para pengguna juga dapat melihat-lihat bagian dalam Gedung Putih di Amerika Serikat.

Di Dalam Bangunan - Google Maps

8. Sejak pertama kali diimplementasikan, berapa banyak gambar Street View yang telah diambil?

Tim Street View memulai proyek ini sejak tahun 2007 dan telah mengambil lebih dari 10 juta gambar. Mereka juga telah menempuh jarak lebih dari 5 juta mil untuk mengambil gambar jalanan.

9. Kamera seperti apa yang dipakai untuk Street View?

Meski masih dalam tahap eksperimen, Google memakai sistem kamera yang memiliki 15 lensa dan dapat menghasilkan foto dengan resolusi sebesar 65 megapixel yang diletakkan di atap mobil SUV bersama dengan mesin GPS.

Mobil Kamera Street View - Google Maps

10. Bagaimana cara Google Maps menampilkan gambar 360-derajat seperti panorama?

15 lensa yang ada di sistem kamera Street View akan mengambil gambar dari berbagai arah lalu menyambungkannya menjadi 1 gambar.

11. Bagaimana cara Google Maps mengambil foto untuk Street View di jalanan yang tidak bisa dilalui mobil?

Selain mobil SUV, Google juga memakai sepeda roda tiga dan troli khusus serta mobil salju. Sepeda roda tiga dipakai untuk mengambil gambar taman, kampus, stadion dan daerah yang tidak bisa dijangkau mobil. Troli dipakai untuk mengambil gambar di dalam gedung dan mobil salju dipakai untuk mengambil gambar di daerah dengan medan penuh salju.

Sepeda Roda Tiga Street View Google Maps

(via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda