Scroll to Top

Astronom Temukan Kembaran Galaksi Bima Sakti

By Ditya / Published on Friday, 24 Aug 2012

Galaksi Bima Sakti

Para astronom untuk pertama kalinya telah berhasil menemukan kembaran kelompok galaksi Bima Sakti tempat kita berada. Sistem galaksi yang ditemukan oleh para astronom sangat mirip dengan sistem pada galaksi Bima Sakti.

Galaksi Bima Sakti atau sering disebut dengan galaksi Milky Way dalam bahasa Inggris adalah galaksi tempat sistem tata surya kita berada. Baru-baru ini, astronom menemukan sistem galaksi yang mirip dengan sistem galaksi Bima Sakti.

Sistem galaksi Bima Sakti atau Milky Way sendiri adalah sistem galaksi yang khas ketika dipasangkan dengan tetangga terdekatnya, Magellanic Clouds atau Awan Magellan. Susunan seperti galaksi Bima Sakti dan Awan Magellan ini memang tidak biasa dan merupakan salah satu jenis galaksi tersendiri.

Dr Aaron Robotham yang berasal dari International Centre for Radio Astronomy Research (ICRAR) dan University of St Andrews di Skotlandia mengatakan bahwa dirinya telah menemukan dua galaksi yang mirip dengan galaksi Bima Sakti.

“Kami tidak pernah menemukan sistem lain galaksi seperti Bima Sakti sebelumnya, yang tidak mengejutkan, mengingat seberapa keras mereka untuk melihat Ini hanya baru-baru ini menjadi mungkin untuk melakukan jenis analisis yang memungkinkan kita menemukan kelompok-kelompok yang sama”.

“Kami menemukan sekitar tiga persen dari galaksi yang mirip dengan galaksi Bima Sakti memiliki pendamping seperti Awan Magellan, yang sangat jarang terjadi. Secara keseluruhan kami menemukan sistem galaksi 14 yang mirip dengan galaksi Bima Sakti, dengan dua dari mereka hampir persis,” kata Dr Aaron Robotham.

Tetangga seperti Awan Magellan ini sangat jarang ditemukan, dari 14 sistem galaksi yang mirip dengan galaksi Bima Sakti hanya 2 yang benar-benar mirip dan terdapat “sahabat” seperti Awan Magellan.

Seperti yang dilansir dari TGDaily (23/08/2012), Dr Aaron Robotham menambahkan bahwa letak dua galaksi yang mirip dengan galaksi Bima Sakti berada beberapa miliar tahun cahaya jaraknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda