Scroll to Top

Real Madrid Mengulang Jejak Barcelona Juara Liga Spanyol 2008-2009?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 27 Aug 2012

Getafe vs Real Madrid 2-1

Dua pertandingan di Liga Spanyol, Real Madrid baru menorehkan satu poin dari hasil sekali seri dan sekali kalah. Namun, bukan berarti Los Blancos sudah tersingkir dari gelar juara liga. Mereka bisa mengikuti jejak Barcelona di musim 2008-2009. Ketika itu Blaugrana juga berada dalam kondisi yang sama dengan pasukan Jose Mourinho.

13 September 2008. Sekitar 54 ribu penonton di Camp Nou dibuat tak puas dengan hasil akhir yang dijalani klub mereka. Tampil di pekan kedua Liga Spanyol dan bermain di kandang sendiri pula, Barcelona cuma bisa memetik hasil imbang dengan Racing Santander 1-1. Gol penalti Lionel Messi di menit 71 dibalas oleh Jonathan Pereira lima menit kemudian.

Ini adalah hasil buruk kedua bagi pelatih baru Pep Guardiola. Sebelumnya, ketika bertandang ke Soria, Barcelona malah takluk 1-0 dari tuan rumah Numancia. Gelar juara pun rasanya jauh dari genggaman tangan klub yang berada di posisi 15 pada klasemen sementara; naik dua tingkat dari peringkat di pekan pertama.

Namun, apa yang terjadi? Setelah kejadian itu, dalam 20 pertandingan berikutnya, Barcelona meraih 19 kemenangan dan sekali seri. Tak kalah indah, di ujung musim, mereka dinobatkan sebagai juara Liga Spanyol.

Kini, sang rival abadi tengah berada di posisi yang sama meski jalurnya agak berbeda. Setelah ditahan imbang 1-1 oleh Valencia, Los Blancos ditekuk Getafe 2-1 dalam laga away. Terbobol 3 gol dan cuma mencetak 2 gol, pasukan Jose Mourinho pun ada di papan bawah klasemen.

Sekilas, prestasi El Real jauh sekali dibandingkan musim lalu yang mencetak 100 poin dan memperoleh 121 gol. Namun, bukan berarti semuanya sirna.

Bukankah musim lalu pula El Real juga sempat ternoda di awal-awal liga? Mereka dilindas 1-0 oleh Levante di pekan keempat dan ditahan imbang 0-0 oleh Racing Santander d pekan berikutnya. Nyatanya, Los Blancos tetap bisa membuat perbedaan 9 angka dari Barcelona.

Kini, kesempatan masih terbuka untuk pasukan Jose Mourinho. Apakah mereka akan mengulang kejadian serupa Barcelona musim 2008-2009, ataukah memang musim ini, Real Madrid akan kesulitan mempertahankan gelar? Waktu yang akan membuktikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda