Scroll to Top

Kopi dan Teh Bisa Tangkal Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Monday, 27 Aug 2012

Diabetes

Anda pecinta teh atau kopi? Kedua minuman tersebut ternyata punya khasiat dalam menangkal penyakit diabetes. Dengan minum teh, kopi, maupun keduanya yang versi tanpa kafein secara rutin, dapat menurunkan risiko diabetes lebih rendah 25 persen. Demikian menurut studi terbaru dari George Institute for International Health di Sydney, Australia.

Dikutip dari ABC News, tim peneliti yang digawangi Dr Rachel Huxley dan koleganya itu menyarankan porsi sebesar tiga hingga empat cangkir teh atau kopi per hari untuk mendapatkan hasil lebih baik dalam mencegah diabetes. Peneliti mendapatkan hasil ini dengan melihat kembali data yang ditunjukkan dari 18 penelitian antara tahun 1966 sampai Juli 2009. Secara keseluruhan, ada 457.922 pasien yang terlibat penelitian.

Dari hasil review juga ditemukan informasi, setiap penambahan satu cangkir kopi bisa menurunkan risiko diabetes sebesar 7 persen. Sementara itu, meminum kopi tanpa kafein tiga sampai empat cangkir per hari dapay menurunkan risiko diabetes hingga sepertiganya.

Peneliti mengatakan, ini bukan persoalan minum kopi atau tehyang membuat risiko diabetes menurun. Sebab, pada minuman tersebut, ada zat kimia seperti magnesium, lignan, dan asam chlorogenic yang membantu proses tersebut. Zat katekin yang khas ada di dalam teh juga mampu menurunkan produksi glukosa di dalam sistem pencernaan. Dengan begitu, kadar gula menjadi lebih rendah termasuk pula kadar insulin. Khusus pada teh hijau, minuman ini punya manfaat  dalam mencegah kerusakan sel beta pankreas.

Tapi perlu diingat, penambahan gula dalam minum teh atau kopi bisa meningkatkan kadar glukosa. Jadi konsumsi kedua minuman ini tanpa gula. Atau, kalau tidak bisa meninggalkan gula, pakai gula rendah kalori atau pemanis pengganti gula seperti madu.

Studi ini dimuat dalam jurnal Archives of Internal Medicine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda