Scroll to Top

FBI Bantah Miliki 12 Juta UDID Apple iPad dan iPhone

By Ditya / Published on Wednesday, 05 Sep 2012

FBI Penyadap

Federal Bureau of Investigation (FBI) atau Biro Penyelidikan Federal Amerika Serikat membantah telah memiliki 12 juta UDID unik iPad dan iPhone seperti yang diklaim oleh kelompok hacker AntiSec.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kelompok hacker AntiSec memposting sebuah file berisi lebih dari 1 juta kode UDID (Unique Device Identifier) Apple di internet pada hari Senin (03/09/2012). UDID sendiri adalah sebuah string unik yang terdiri dari 40 karakter yang terdapat disetiap perangkat Apple.

Kelompok hacker AntiSec mengaku mendapatkan lebih dari 1 juta kode UDID Apple dari sebuah laptop milik seorang agen FBI bernama Christopher Stangl. Christopher Stangl sendiri dikabarkan bekerja di FBI di bagian Regional Cyber Action Team.

Tak hanya itu, kelompok hacker AntiSec juga mengklaim bahwa FBI saat ini telah memiliki 12 juta kode UDID Apple iPhone dan iPad yang digunakan untuk melacak pengguna tertentu.

AntiSec juga mengatakan bahwa tak hanya data UDID Apple tapi juga terdapat data pribadi pengguna seperti nomor ponsel, nama pengguna, kode pos dan alamat lengkap yang kabarnya digunakan untuk memata-matai pengguna. FBI pun bereaksi dengan menyangkal hal ini.

“Pada saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa laptop FBI di-hack, dicuri atau FBI berusaha mencari atau memperoleh data ini,” kata FBI, menanggapi klaim kelompok hacker AntiSec.

Kabar sebelumnya memang mengatakan bahwa laptop milik agen FBI Christopher Stangl telah di-hack menggunakan celah keamanan pada komponen Java. UDID sendiri dimanfaatkan oleh pengembang untuk mengetahui aplikasi apa saja yang di-install pada perangkat yang bersangkutan.

Seperti yang dilansir dari BBC (04/09/2012), belum ada tanggapan atau penjelasan lebih lanjut dari FBI maupun kelompok hacker AntiSec.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda