Scroll to Top

Awas, Virus Facebook Terbaru Menyebar di FB Chat

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 06 Sep 2012

Facebook Tag

Virus yang mengintai di Facebook kian ganas. Kini virus Facebook terbaru bisa masuk dan menyebar melalui FB chat. Pengguna harus senantiasa waspada dan tidak sembaran menklik tautan serta link sembarangan.

Dikutip dari Detiknet, Kamis (06/09/12), facebookers Indonesia kali ini yang cenderung menjadi korban para ‘pembuat virus’. Facebook chat dijadikan media efektif dalam memasukkan dan menyebarkan tautan serta link yang menawarkan iming-iming tertentu.

Menyebar link dan tautan jahat di Facebook memang sangat mudah. Namun bilamana melalui Facebook chat dan seolah-olah temannya sendiri, bisa dikatakan sebagai modus yang cukup cerdik.

Tak hanya itu saja, tautan ini bahkan memanfaatkan SendSpace, sebuah layanan berbagi berkas. Dan penerima link tersebut pasti tak akan berfikir jika tautan ini adalah sebuah link jahat.

Virus Facebook

Jika pengguna menkliknya, maka akan menerima berkas gambar seperti gambar dibawah ini.

Virus Facebook 2

Berkas tersebut berkestensi Zip. Apabila diekstrak maka akan berekstensi .scr.

Virus Facebook 3

Apabila pengguna membuka berkas tersebut, maka secara otomatis virus akan menyebar. Memang tidak bersifat merusak komputer. Namun akibatnya Facebook pengguna akan menyebarkan tautan jahat yang sama ke teman-teman lainnya.

Langkah pertama dalam mensiasati virus ini adalah dengan membenamkan program antivirus yang selalu up to date di komputer. Namun yang paling penting adalah, jangan asal menklik tautan yang dikirimkan teman baik itu di FB chat maupun message.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda