Scroll to Top

Minyak Kelapa Efektif Cegah Gigi Berlubang

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 12 Sep 2012

gigi sehat

Minyak kelapa yang selama ini menjadi bahan untuk memasak atau pun campuran obat gosok, kini diketahui punya khasiat yang baik untuk mencegah gigi berlubang. Hal ini terungkap dalam presentasi dalam konferensi Society for General Microbiology, yang penelitiannya dilakukan oleh Dr Damien Brady dari Institute of  Technologi Athlone di Irlandia.

Dalam minyak kelapa terkandung enzim khusus yang mampu melindungi gigi dari pengaruh buruk bakteri di mulut. Enzim tersebut mampu menahan laju pertumbuhan bakteri merugikan yang biasa hidup di rongga mulut dan membuat gigi lebih mudah keropos. Dengan demikian, gigi menjadi lebih terlindungi saat minyak kelapa dijadikan salah satu bahan untuk merawat gigi.

Brady juga mengatakan, ini adalah salah temuan yang turut bermanfaat dalam menanggulangi bakteri di tengah maraknya kasus resistensi bakteri terhadap obat antibiotik. Sifat antibiotik yang ada dalam enzim minyak kelapa menjadi salah satu cara alternatif dalam memerangi bakteri merugikan dengan cara yang lebih alami.

“Memasukkan enzim – memodifikasi  minyak kelapa menjadi produk kesehatan gigi akan menjadi alternatif yang menarik sebagai bahan kimia tambahan. Terutama, karena dia bekerja pada konsentrasi yang relatif rendah,” kata Brady.

Dalam penelitian ini, enzim minyak kelapa mampu melawan bakteri Streptococcus beserta variannya yang mengalami mutasi gen. Bakteri ini salah satu penyebab kerusakan dan pembusukan gigi. Saat ditambahkan enzim minyak kelapa pada bakteri ini, pertumbuhannya bisa terhambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda