Share

Lightning connector

Bersama peluncuran iPhone 5, iPod Touch baru dan iPod Nano baru, Apple juga meluncurkan desain konektor dock dan earphone baru bernama EarPod. Konektor dock baru Apple tersebut adalah Lightning Connector.

Sebelumnya telah beredar kabar mengenai perubahan konektor dock pada iPhone 5 yang menggunakan konektor dock yang lebih kecil hingga berukuran setara dengan microUSB. Sebelumnya Apple menggunakan konektor dock 30 pin yang sudah cukup populer di gadget Apple.

Kini Apple menggunakan standar konektor dock baru bernama Lightning Connector yang berukuran kecil dan konektor dock baru ini telah dibenamkan pada iPhone 5, iPod Touch baru dan iPod Nano baru.

Kehadiran Lightning Connector ini juga menandai kehadiran standar konektor baru untuk aksesoris iPhone, iPod touch dan iPod Nano. Hal ini berarti aksesoris lama yang menggunakan konektot dock 30 pin tidak kompatibel.

SVP pemasaran Apple mengatakan produsen aksesoris dan speaker seperti Bose, JBL dan Bang & Olefson telah mengembangkan produk yang kompatibel dengan Lightning Connector.

EarPod

Selain Lightning Connector, Apple juga memperkenalkan standar baru earphone mereka. Earphone desain baru besutan Apple itu mengusung nama EarPod yang diklaim nyaman digunakan untuk mendengarkan musik selama berjam-jam.

EarPod ini tak hanya didesain untuk kenyamanan, tapi juga didesain untuk peningkatan kualitas suara. Sekilas tampilan EarPod ini mirip periskop mini yang terdapat ventilasi disetiap sisi.

“Ventilasi ini memungkinkan udara di dalam stem, yang bertindak sebagai ruang akustik, mengalir keluar. Jadi Anda mendengar kualitas suara yang lebih dalam serta bass yang kaya,” kata Apple.

EarPod 2

Seperti yang dilansir dari Mashable (12/09/2012), Apple dengan percaya diri mengatakan bahwa EarPod besutannya ini memiliki kualitas suara yang mantap dan bersaing dengan earphone kelas atas yang beredar di pasar dengan harga yang mahal.

Tak lupa, Apple telah mempatenkan teknologi earphone EarPod awal tahun ini yang menggunakan judul “vented -in-the-ear headphone”. Anda penasaran dengan kualitas suaranya? Mari kita tunggu kehadirannya.