Scroll to Top

8 Tanda-tanda Kehamilan

By C Novita / Published on Thursday, 13 Sep 2012

tanda kehamilan

Anda yang saat ini sedang bertanya-tanya apakah Anda mengalami kehamilan atau tidak, berikut ini adalah tanda-tanda kehamilan paling umum yang biasanya dialami oleh wanita, seperti dilansir situs Sheknows;

  • Nyeri payudara. Jika payudara Anda terasa sedikit berbeda dari biasanya, mengalami nyeri, lebih membesar, dan putingnya menjadi lembut, Anda mungkin sedang hamil. Ini karena perubahan hormonal yang terjadi saat hamil membuat terjadi peningkatan aliran darah dan perubahan jaringan payudara.
  • Mual / morning sickness. Walau ada beberapa orang wanita yang tak mengalami fase mual dan muntah ini, namun sebagian besar wanita mengalaminya. Biasanya karena rangsangan dari bau, atau situasi tertentu.
  • Mudah lelah. Tubuh menjadi mudah lelah bahkan kadang terasa hingga ke tulang. Ini diperkirakan karena perubahan kadar hormon progesteron yang meningkat.
  • Mudah lapar. Walau fase mual kadang menyerang, namun Anda akan mudah sekali merasa lapar. Biasanya Anda akan lebih menyukai ngemil.
  • Sering buang air kecil. Sering buang air kecil juga salah satu tanda kehamilan. Ini karena rahim sedang bertumbuh dan mendesak kandung kemih. Ginjal juga bekerja lebih giat karena peningkatan volume cairan di tubuh.
  • Moody. Mood Anda akan lebih mudah berubah dari sedih ke murung. Lalu berubah senang, dan bahkan cemas. Pada beberapa kasus, wanita hamil juga mengalami depresi lebih mudah.
  • Tidak menstruasi. Ini adalah tanda kehamilan yang paling mudah dikenali, walau tidak semua wanita yang tak menstruasi mengalami kehamilan. Bisa jadi juga Anda hanya mengalami gangguan menstruasi.
  • Tes kehamilan positif. Setelah tanda-tanda di atas Anda alami, maka akan lebih baik lagi jika Anda melakukan tes kehamilan. Gunakan test pack, dan jika tanda yang terlihat positif, selamat, Anda memang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda