Scroll to Top

Lionel Messi dan 10 Rekor Yang Mesti Dipecahkan Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 21 Sep 2012

Lionel Messi 4 (2)

Lionel Messi mencetak gol lagi, Barcelona menang lagi. Dalam empat tahun terakhir, hal ini semakin akrab di telinga. Ada yang menyebut ini adalah penyakit Barcelona yang tergantung dengan Messi (disebut Messidependencia). Ada pula yang menyatakan Barcelona senantiasa menjadi yang terdepan karena mereka memiliki Faktor Messi. Dan musim ini, baik Barcelona maupun King Leo sama-sama menjalani start terbaik. El Barca meraih poin sempurna (12 angka) di Liga Spanyol. Mereka menang 3-2 atas Spartak Moskow di pertandingan pertama Liga Champions. Sementara Lionel Messi tercatat mengoleksi 10 gol hanya dalam 7 pertandingan. Ada 10 tantangan yang harus dihadapi Messi musim ini.

1. Top Skor Liga Champions Lima Kali
Lionel Messi ada dalam rute terbaik untuk mencatatkan diri sebagai orang pertama yang menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions lima kali. Plus, dijalani berturut-turut. Ia sudah sukses pada musim 2008-09, 2009-10, 2010-11, dan 2011-2012. Dengan dua gol ke gawang Spartak Moskow, Messi sudah unggul dibandingkan para penyerang dunia seperti Cristiano Ronaldo (Real Madrid, 1 gol) atau Zlatan Ibrahimovic (PSG, 1 gol).

2. Top Skor Liga Champions dengan Gol Terbanyak

Musim lalu, Lionel Messi mencetak 14 gol. Jumlah ini setara dengan Jose Altafini (AS Roma musim 1962-63) sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions dalam semusim. Dengan 2 gol di matchday pertama dan asumsi Barcelona bisa lolos minimal ke semifinal, akan ada 11-12 pertandingan sisa untuk mencetak 15 gol.

3. Musim Terbaik Lionel Messi Sepanjang Masa

Saat ini Messi mencetak 10 gol dari 7 pertandingan awal Barcelona (1,42 gol per laga). Catatan ini lebih sensasional daripada musim lalu. King Leo rata-rata mencetak 1,22 gol per pertandingan.

Lionel Messi 4

4. Ballon d’Or Keempat

Lionel Messi masih berhak menambah gelar pribadi. Ballon d’Or keempat siap didapatkan setelah King Leo memperolehnya pada 2009, 2010, dan 2011.

5. Peraih Ballon d’Or Terbanyak

Dengan empat Ballon d’Or tersebut, King Leo akan menjadi peraih Ballon d’Or terbanyak sepanjang masa, melampaui para pemain terbaik dunia: Johan Cruyff, Michel Platini, dan Marco Van Basten (3 kali).

6. Top Skor Liga Spanyol untuk Ketiga Kalinya

Lionel Messi mendapatkan gelar pichichi pada musim 2009-10 (34 gol) dan musim 2011-12 (50 gol). Kini, dengan 6 gol di awal musim —lebih baik daripada para penyerang lain, peluangnya menjadi pencetak gol terbanyak Liga Spanyol untuk ketiga kalinya terbuka lebar.

Lionel Messi

7. Top Skor El Clasico

Alfredo di Stefano menjadi top skor El Clasico dengan 18 gol. Lionel Messi kini ada di bawahnya dengan 15 gol. Dalam minimal dua laga Barcelona vs Real Madrid musim ini, mungkin saja King Leo menyetarai rekor di Stefano. Bahkan koleksinya bisa bertambah jika Barca-Madrid kembali bertemu di Copa del Rey dan Liga Champions.

8. Melampaui Rekor Diego Maradona di Argentina

Diego Maradona mencetak 34 gol dalam 91 pertandingan untuk timnas Argentina. Lionel Messi hingga saat ini sudah 28 gol dalam 73 laga. Cuma butuh 7 gol lagi untuk menyalip sang legenda Argentina. Rekor pencetak gol terbanyak timnas sendiri dipegang Gabriel Batistuta (56 gol).

9. Top Skor Barcelona Sepanjang Masa di Liga Spanyol

Saat ini pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa di Liga Spanyol adalah Cesar Rodriguez dengan 192 gol. Lionel Messi ada di jalur untuk melewatinya. King Leo sudah mengoleksi 175 gol di La Liga. Artinya, cuma butuh 18 gol lagi untuk hal itu. Relatif mudah unuk King Leo.

10. Sepatu Emas Ketiga

Lionel Messi musim lalu mencetak 50 gol di Liga Spanyol. Ia dipastikan meraih Sepatu Emas 2011-12. Dan, musim ini, dengan menjadi top skor Liga Spanyol untuk ketiga kali berturut-turut plus membobol gawang lawan lebih banyak, King Leo bukan tidak mungkin akan meraih sepatu emas ketiganya. Mengungguli semua pemain yang berkompetisi di Eropa sepanjang sejarah, termasuk Cristiano Ronaldo (2 kali). Mampukah?

Lionel Messi 4 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda