Scroll to Top

Resep Gampang Bikin Yoghurt

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 23 Sep 2012

membuat  yoghurt

Ada satu cara enak untuk mendapatkan tubuh sehat, yaitu makan atau minum yoghurt. Yoghurt merupakan kuliner dari susu yang melalui proses fermentasi menggunakan bibit yoghurt. Hasilnya nanti sebuah makanan atau minuman yang mengandung bakteri probiotik. Bakteri ini bersifat “teman” dalam usus.

Yoghurt dipercaya memberikan kebaikan untuk saluran pencernaan. Bahkan, hasil studi yang dirilis di Amerika Serikat baru-baru ini menyebutkan, yoghurt dapat menjadi sebab stabilnya tekanan darah. Oleh karena itu, yoghurt punya andil dalam menjaga kesehatan kardiovaskular.

Cara membuat yoghurt sangat mudah. Tinggal terapkan resep berikut ini:

Bahan:

  1. 500 mL susu murni
  2. 100 mL bibit yoghurt tanpa rasa

Cara membuat:

  1. Panaskan susu pada sebuah panci hingga mencapai suhu hangat-hangat kuku.
  2. Diamkan susu agar suhunya turun hingga mendekati suhu ruang.
  3. Masukkan bibit yoghurt dan aduk rata. Setelah itu, pindahkan pada wadah tertutup.
  4. Agar fermentasi segera berjalan, taruh wadah di area yang hangat. Bisa pula ditutup pakai selimut tebal. Diamkan wadah tersebut sekitar 5-7 jam. Jangan terlalu lama mendiamkannya agar rasa tidak terlalu asam.
  5. Jika sudah selesai, yoghurt bisa dimasukkan lemari pendingin dan siap dinikmati.

Jika menginginkan adanya rasa pada yoghurt, pakai susu yang berperasa dan bibit yoghurt juga menyesuaikan rasanya. Yoghurt yang punya wujud kental bisa didapatkan dengan menambahkan 75 gram susu bubuk. Masukkan susu bubuk tersebut pada saat memanaskan susu.  Dan, menyajikan yoghurt saat dingin itu lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda