Scroll to Top

AMD Rilis Prosesor FX Baru 23 Oktober Mendatang

By Ditya / Published on Sunday, 23 Sep 2012

AMD Trinity APU

Menjawab tantangan Intel dengan generasi Ivy Bridge-nya, AMD bersiap meluncurkan prosesor kelas atasnya yang menggunakan arsitektur Piledriver. Prosesor AMD FX terbaru ini kabarnya akan dirilis pada bulan Oktober mendatang.

Advanced Micro Devices (AMD) yang merupakan produsen prosesor x86 terbesar kedua ini dikabarkan bersiap meluncurkan jajaran prosesor kelas atas yang menggunakan kode nama Vishera.

Prosesor AMD Vishera ini tak lain adalah prosesor FX yang menggunakan arsitektur baru yang disebut dengan Piledriver. Piledriver sendiri adalah hasil pengembangan Bulldozer yang digunakan pada prosesor AMD FX yang beredar saat ini.

AMD Vishera sendiri adalah prosesor 8-core atau eight-core yang menggunakan arsitektur Piledriver x86 yang dipadu dengan dual-channel memory controller DDR3 dan l3 cache sebesar 8MB. Tak hanya itu, prosesor AMD FX baru ini juga membawa fitur TurboCore 3.0 yang dapat meningkatkan kecepatan frekuensi sesuai beban kerja prosesor.

AMD FX

AMD sendiri mengklaim bahwa kinerja prosesor FX terbaru yang mengusung arsitektur Piledriver ini 10%-15% lebih cepat dibanding prosesor AMD FX yang beredar saat ini.

Raksasa prosesor dan grafis ini berncana meluncurkan prosesor FX baru secara resmi pada tanggal 23 Oktober mendatang. Saat ini AMD memang belum merilis detail peluncuran yang dilakukan pada tanggal 23 Oktober mendatang, sehingga memicu timbulnya spekulasi.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (21/09/2012), AMD akan merilis 4 prosesor baru antara lain FX-8320 dan FX-8350 untuk kelas 8 core dan FX-6300 untuk kelas 6 core dan FX-4300 untuk kelas quad-core.

Kehadiran prosesor baru AMD ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang bererti bagi AMD untuk bersaing dengan Intel di pasar prosesor desktop kelas menengah keatas yang saat ini masih didominasi oleh Intel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda