Scroll to Top

Pendiri Google: 5 Tahun Lagi Anda Akan Mengendarai Mobil Robot

By Ditya / Published on Wednesday, 26 Sep 2012

Sergey brin

Sergey Brin, salah satu pendiri raksasa mesin pencari Google berani memberikan pernyataan bahwa 5 tahun lagi orang akan mengendarai mobil robot. Pernyataan ini didasari dari hasil uji coba mobil robot Google beberapa waktu lalu.

Beberapa waktu lalu Google mengadakan uji coba terhadap mobil robot yang disebut sebagai self-driving car. Keistimewaan mobil ini adalah kemampuan auto pilotnya yang membuat mobil ini dapat dikendalikan menggunakan remote atau bahkan berjalan sendiri sesuai petunjuk GPS.

“Anda dapat menghitung dengan satu tangan untuk menunggu berapa tahun mobil robot tersebut dapat tersedia untuk umum,” kata Sergey Brin yang menandatangani SB 1298 yang menetapkan standar keselamatan dan kinerja mobil untuk dioperasikan oleh komputer di jalanan California.

Undang-undang ini akan memungkinkan sopir berlisensi untuk menguji mobil di negara bagian yang menerapkan hukum yang sama seperti Nevada dan Florida.

Google sendiri telah melakukan pengujian terhadap driverless car atau self-driving car sejauh 30.000 mil. Sergey Brin juga mengatakan bahwa perusahaanya akan fokus pada peningkatan sensor dan dukungan perangkat keras untuk mengantisipasi kegagalan atau hal buruk lainnya.

Pendiri Google ini juga mengatakan bahwa self-driving car atau mobil robot adalah sebuah teknologi yang bisa saja mengalami hambatan seperti kegagalan sistem, karena memang mobil ini dibangun dengan sistem yang rumit.

Mobil canggih ini tidak jauh beda dengan moda transportasi lain seperti pesawat terbang yang menggunakan sistem yang agak rumit dan dapa mengalami kegagalan sistem. Google akan fokus pada peningkatan sistem sensor dan hardware pendukungnya untuk meminimalisir kegagalan sistem.

Seperti yang dilansir dari CNET (25/09/2012), mungkin ketika self-driving car pertama kali hadir akan datang dengan harga yang cukup mahal, namun akan turun seiring meningkatnya permintaan dan produksi, Anda tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda