Scroll to Top

ASI Mampu Hindarkan 8 Jenis Gangguan Mental

By Ilham Choirul / Published on Monday, 08 Aug 2011

Apakah Anda termasuk wanita yang berkomitmen menyusui buah hati dengan ASI lebih lama dari anjuran selama enam bulan? Bersyukurlah jika demikian. Karena, semakin lama bayi Anda mendapatkan ASI, maka kesehatan mentalnya semakin baik ketika menginjak dewasa.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Journal of Pediatrics di bulan Oktober 2009. Sebanyak 2.900 ibu hamil dipantau terus, sampai sang anak berusia 14 tahun. Dari situ didapatkan hasil, ada 8 jenis gangguan mental yang bisa dihindari dengan meminumkan ASI lebih lama saat bayi.

Gangguan mental tersebut terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok masalah internal dan eksternal. Kelompok masalah internal seperti menarik diri, depresif, psikosomatik,gangguan perhatian (autisme), dan gangguan berpikir. Dan, yang eksternal seperti gangguan bersosialisasi, deliquent behaviour, dan tingkah laku agresif.

Jika bayi yang dilahirkan prematur, ASI juga mampu mengembalikan intelektualnya. Umumnya, bayi prematur memiliki resiko kelambatan perkembangan mental. Dengan ASI, bayi tersebut akan terangsang kemampuan kognitifnya yang penting untuk kecerdasan.

Manfaat ASI bagi bayi prematur bahkan berkelanjutan meski sudah disapih. Anak yang terlahir prematur bisa mendapatkan IQ lebih tinggi di usia 7,5 sampai 8 tahun, dibanding yang tidak mendapatkan ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda