Scroll to Top

Google dan 14 Tahun Sepak Terjangnya di Dunia Bisnis

By Ditya / Published on Thursday, 27 Sep 2012

Google

Saat ini raksasa mesin pencari Google telah berumur 14 tahun, perusahaan yang menggunakan motto ‘dont be evil’ ini kini menjadi raksasa internet, lalu bagaimanakah sepak terjang Google di dunia bisnis hingga membuatnya sukses seperti saat ini?

Mesin pencari Google sendiri adalah sebuah proyek penelitian oleh Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya adalah mahasiswa Ph.D dari Universitas Standford yang mengembangkan proyek mesin pencari berdasarkan algoritma matematika yang dinilai akan menghasilkan hasil pencarian web yang lebih baik dibanding metode yang ada saat itu.

Kedua pendiri Google tersebut bekerja keras untuk mendapatkan investor untuk mendirikan perusahaan. Akhirnya Sergey Brin dan Larry Page memutuskan untuk membentuk perusahaan bernama Google Inc. pada tanggal 7 September 1998 dengan bermodalkan mesin pencari yang mampu menghasilkan pencarian relevan dan sana sebesar USD $1,1 juta dari investor.

Kantor Google pindah ke Palo Alto, dan sejak saat itu Google terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Meningkatnya popularitas Google saat itu dikarenakan desain mesin pencari yang sederhana dengan hasil yang relevan.

Larry page sergey brin
Larry Page dan Sergey Brin

Tahun 2000, Google meluncurkan program periklanan sendiri berdasarkan keyword, yakni Google Adwords. Tahun 2001, Google mematenkan sebuah sistem ranking pada hasil pencarian yang kini dikenal sebagai Google PageRank.

Google selalu menawarkan berabagi inovasi dan layanan secara gratis, seperti Gmail, Google Maps, Google Earth, Google Books, Google Docs dan menjadi tokoh sentral hadirnya sistem operasi mobile terpopuler saat ini, Android.

Google terus berkembang dengan mengakuisisi berbagai layanan seperti Keyhole yang diakusisi Google pada tahun 2004 dan mengembangkan layannannya menjadi google Earth pada tahun 2005. Tak hanya itu, Google juga mengakuisisi DoubleClick untuk memperkuat bisnis periklanannya.

Tahun 2007, Google mengakuisisi situs video sharing populer, YouTube, dengan nilai yang fantastis, USD $1,65 milyar. Google juga mengakuisisi berbagai layanan lain yang kemudian diubah namanya menjadi layanan Google.

Terakhir, Google telah mengakuisisi Motorola Mobility, Zagat dan QuickOffice. Akusisi Motorola Mobility ini diketahui sebagai langkah Google untuk mendapatkan paten sebagai senjata jika terjadi perang paten.

Saat tren sosial media mulai naik seiring meroketnya popularitas Facebook, Google menjawabnya dengan menghadirkan jejaring sosial Google+ yang kemudian diintegrasikan dengan barbagai layanan Google lainnya. Google juga memiliki komunitas blog yang besar melalui layanan Blogger yang diusungnya.

Brand image Google saat ini sangat kuat dimata pengguna internet di dunia, terutama masalah mesin pencari. Google dengan istilah ‘googling’ belum terkalahkan oleh Yahoo dan Microsoft.

Layanan Google

Di dunia software, Google juga mendukung ratusan proyek open source. Tak hanya itu, Google juga meluncurkan berbagai perangkat lunak populer seperti Google SketchUp, Google Chrome, Picasa dan banyak lagi.

Sementara itu, Google juga merangsek pasar mobile dengan mengalahkan pesaingnya seperti Apple iOS, Microsoft Windows Phone, Symbian, BlackBerry dengan menggunakan senjata bernama Android dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.

Motto dont be evil atau jangan menjadi jahat ini tampaknya menjadi mantra kesuksesan Google hingga menjadi raksasa internet seperti saat ini. Google telah banyak menawarkan layanan-layanan luar biasa seperti Google Maps, Gmail Google Earth dan layanan lainnya secara gratis sesuai dengan motto dont be evil yang diterapkan Google dan mengantarnya menjadi raksasa internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda