Scroll to Top

Google Akuisisi Viewdle, Perusahaan Yang Bergerak di Face Recognition

By Ditya / Published on Tuesday, 02 Oct 2012

Viewdle

Raksasa internet Google kini dikabarkan hampir menyelesaikan kesepakatan akuisisi terhadap Viewdle, sebuah perusahaan yang berasal dari Ukraina yang bergerak dibidang pengenalan wajah atau face recognition.

Viewdle tampaknya cukup menarik bagi raksasa mesin pencari, karena perusahaan asal Ukraina tersebut mengusung teknologi face recognition atau pengenalan wajah secara otomatis akan men-tag foto orang yang dikenal sesuai dengan kesepakatan.

Akusisi Google terhadap Viewdle ini tampaknya berjalan kurang mulus, hal ini terlihat dari lamanya proses akuisisi yang telah berjalan selama lebih dari 1 tahun dan diharapkan dapat selesai pada minggu ini. Namun perwakilan resmi Google maupun Viewdle tidak bersedia memberikan keterangan.

Langkah Google mengakuisisi Viewdle ini dinilai cukup masuk akal, karena dengan masuknya teknologi Viewdle, pengguna Google+, Picasa dan Android dapat otomatis men-tag foto teman-teman pengguna, dengan kata lain, Google akan mengintegrasikan teknologi yang dibawa Viewdle pada layanan-layanan milik Google.

Rival Google di dunia jejaring sosial, Facebook telah mengambil tindakan dengan mengakuisisi Face.com yang menyediakan teknologi serupa dengan Viewdle, yaitu face recognition atau teknologi pengenalan wajah. Facebook akan menggabungkan teknologi Face.com dengan aplikasi Tagger foto milik Facebook agar proses tag foto berjalan otomatis.

Akuisisi Viewdle oleh Google diharapkan dapat membuat layanan Google terutama jejaring sosial Google+ untuk tetap bersaing dengan Facebook melalui fitur pengenalan wajah pada foto.

Seperti yang dilansir dari CNET (01/10/2012), kesepakatan antara Google dengan Viewdle diharapkan agar selesai minggu ini. Nilai akuisisi Google terhadap Viewdle diperkirakan mencapai kisaran USD $30 – $45 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda