Scroll to Top

5 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Twitter

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 04 Oct 2012

Dick Costolo Twitter

CEO Twitter Dick Costolo, pada sebuah kesempatan wawancara dengan CNBC mengungkapkan beberapa informasi tentang jejaring sosial yang sedang dipimpinnya. Dan berikut bocoran Dick Costolo soal lima hal yang tidak Anda ketahui tentang Twitter.

1. Data

Reporter CNBC bertanya pada Dick Costolo terkait dengan penggunaan data yang dikumpulkan oleh Twitter. Lantas untuk apa data tersebut, apakah Twitter ‘menjualnya’? Dick Costolo menjawab tidak. Menurutnya perusahaan menggunakan data dakam banyak cara yang berbeda untuk dipahami.

“Misalnya saja untuk masalah debug. Ketika Anda memiliki ratusan juta tweet yang masuk tiap hari, kadang-kadang kita harus mendapatkan jenis yang sangat spesifik dari bug rinci dan harus menggali kembali melalui data yang telah dikumpulkan selama beberapa bulan terakhir untuk mencoba debug tersebut,” jelasnya.

2. Pengguna

Jutaan orang bermain Twitter setiap hari. Apa yang menjadi pemicu mereka untuk betah di situs microbloging ini? Dick Costolo menjawab jika sejatinya 40% pengguna Twitter justru  tidak aktif nge-tweet. Sehingga mereka tatkala menggunakan Twitter hanya untuk mengomsumsi informasi.

“Mereka masuk hanya megomsumsi informasi yang saya fikir jumlah tersebut akan semakin bertambah selama kita masih menjadi mainstream,” ujarnya.

3. Status online

Pada tahun 1990-an, layanan pesan instan populer kala itu AIM menghadirkan layanan status pengguna untuk mengindikasikan aktivitasnya saat itu: online, away, sibuk, dan sebagainya. Apakah Twitter perlu untuk membuat status online pengguna mengingat banyak pengguna Twitter yang tidak aktif nge-tweet?

“Saya tidak berfikir kami akan melakukan itu dalam waktu dekat,” kata Dick Costolo.

4. Username

Pengguna baru mungkin kesal mendapati jika username yang ia incar telah didaftarkan terlebih dahulu di Twitter. Lebih kesalnya lagi jika username yang telah didaftarkan tersebut hanya ‘parkir’ saja atau tidak pernah terpakai (tidak aktif). Ketika ditanya soal ini Dick Costolo berujar jika pengguna (baru) mungkin bisa mengakses username yang tidak aktif tersebut namun dengan ‘mode otomatis’.

5. Spam

Spam merupakan momok bagi jejaring sosial. Dick Costolo mengakui hal tersebut. Ratusan juta pengguna Twitter merupakan lahan subur bagi spammer. Mereka akan terus mencoba dan mencoba bagaimana caranya agar kontennya (spam) bisa menjangkau jutaan pengguna.

“Kami memiliki tim teknologi yang luar biasa bekerja untuk membasmi itu dari pelbagai platform. Dan data yang ada menunjukkan jika hasl kerja tim ini fantastis,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda