Apple Maps

Siapa sangka, ternyata Apple Maps pada sistem operasi iOS 6 ini mengkonsumsi bandwidth yang lebih kecil dari Google Maps. Apple Maps ini telah menuai kontroversi dan masalah sejak diluncurkan, namun ternyata masih memiliki sedikit kelebihan.

Ditengah ramainya pemberitaan mengenai berbagai kekurangan aplikasi peta bawaan Apple iOS 6, sebuah produsen aplikasi mobile, Onavo memberikan pernyataan yang menarik mengenai Apple Maps.

Onavo mengatakan bahwa aplikasi Apple maps pada iOS 6 lebish hemat bandwidth dibanding aplikasi sejenis seperti Google Maps, meski tidak benar-benar sesuai klaim bahwa Apple Maps 5 kali lebih efisien dibanding Google Maps.

Peningkatan efisiensi penggunaan bandwidth pada aplikasi Apple Maps di iOS 6 terletak pada standar vector yang digunakan. Standar yang digunakan Apple ini lebih efisien dibanding standar tiled bitmap seperti yang digunakan pada Google Maps.

Ketika pengguna memperbesar tampilan Map, maka aplikasi Google Maps akan men-download tiled bitmaps baru, sehingga tiap tingkat zoom yang digunakan pengguna, maka Google Maps akan melakukan download.

Hal yang berbeda terjadi pada Apple Maps di iOS 6 yang menggunakan standar berbeda. Hasil tes menunjukan bahwa bandwidth rata-rata yang digunakan untuk men-download pada saat zoom pada Google Maps mencapai 1,3 MB sedangkan pada operasi yang sama di Apple Maps, hanya menggunakan bandwidth sebesar 271KB.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (03/10/2012), penggunaan bandwidth yang efisien pada Apple Maps akan membuat respon yang lebih cepat serta cocok bagi yang memiliki bandwidth terbatas.

Meski hemat bandwidth, Apple Maps saat ini masih memiliki banyak masalah, bahkan Apple menyarankan penggunakan aplikasi serupa dari pesaingnya. Jika kelak Apple Maps telah matang, mungkin bisa jadi primadona baru untuk aplikasi peta.