Scroll to Top

Persib Melepas Pemain ke Timnas Indonesia Asal Pelatihnya Alfred Riedl

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 04 Oct 2012

Persib TImnas Indonesia

Persib Bandung, melalui manajer Umuh Muchtar, menyatakan siap mengirimkan pemain untuk bergabung ke timnas Indonesia PSSI. Namun, ada syarat yang diberikan. Yaitu, pelatih yang menangani haruslah Alfred Riedl. Saat ini, pelatih timnas Indonesia PSSI adalah Nil Maizar.

Beberapa saat lalu dilaporkan bahwa Persib Bandung, melalui manajer Umuh Muchtar, mengaku secara prinsip, siap jika para pemain Maung Bandung memperkuat timnas Indonesia PSSI arahan pelatih Nil Maizar.

“Pada prinsipnya, dalam konteks bela negara, kami tidak masalah dengan pemanggilan Firman Utina dan I Made Wirawan ke timnas PSSI (di bawah asuhan) Nil Maizar,” ucap Umuh seperti dikutip oleh Tribunnews pada Selasa (2/10/2012).

Berselang sehari, terdapat pernyataan berbeda yang dilontarkan Umuh Muchtar. Kali ini ia menyebutkan bahwa Persib Bandung akan melepaskan pemainnya ke timnas Indonesia, dengan syarat tertentu. Yaitu, timnas Indonesia harus dilatih oleh Alfred Riedl. Selama timnas tidak dilatih oleh pelatih yang membawa Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2010 itu, Umuh Muchtar tidak akan mengizinkan pemainnya bergabung.

“Kita semau mengetahui kualitas Riedl. Makanya, bagi kami, tidak masalah jika pemain kami bergabung timnas. Jika tidak Riedl, saya tidak mengizinkan untuk bergabung,” kata Umuh pada Rabu (3/10/2012) seperti dikutip Tribunnews.

Umuh menyebutkan, bahwa lebih baik Firman Utina dan I Made Wirawan yang awalnya dipanggil PSSI, dikembalikan ke Persib jika timnas masih dilatih oleh Nil Maizar. Menurut Umuh, dibutuhkan pelatih berpengalaman dan berkualitas untuk membangun tim nasional yang tangguh untuk AFF Cup 2012 mendatang.

“Jika pemain kami (Persib Bandung) bergabung dengan pelatih yang bukan Riedl, kami tidak ingin pemain menanggung malu. Lebih baik Firman dan Made dikembalikan ke Persib jika harus dilatih oleh Nil Maizar,” sebut Umuh.

Dalam rilisan terakhir daftar pemain yang masuk ke training centre (TC) timnas Indonesia, nama I Made Wirawan sudah tidak ada lagi. Pemain Persib yang dipanggil adalah Firman Utina dan M. Ridwan.

Permasalahan pemanggilan pemain untuk timnas sendiri, menimbulkan polemik. PSSI dengan arahan AFC menyatakan bahwa kendali timnas berada di bawah PSSI. Joint Commitee hanya berfungsi untuk membantu mengharmonisasi. Sementara itu, KPSI menyebutkan bahwa semestinya JC juga mengurus timnas, bukan hanya masalah dualisme kompetisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda