Scroll to Top

Real Madrid Selalu Kalah di El Clasico Jika Menang Besar Atas Ajax

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 05 Oct 2012

Real Madrid Selalu Kalah di El Clasico Jika Menang Besar Atas Ajax

Menjelang El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid akhir pekan ini, ada ancaman ‘kutukan’ serius untuk Madrid. Dalam dua tahun terakhir, setelah kemenangan besar atas Ajax Amsterdam selalu berlanjut dengan hasil mengenaskan: kalah dari Barcelona. Nah, dengan kemenangan besar 1-4 atas Ajax lewat hattrick Cristiano Ronaldo pada Kamis, 4 Oktober 2012, akah kutukan ini akan berlanjut pada tahun ini?

Menjelang El Clasico, sebuah kebetulan unik terjadi untuk Real Madrid. Musim 2012-2013 adalah tahun ketiga mereka secara berturut-turut bertemu dengan Ajax Amsterdam di Liga Champions. Madrid selalu menang besar terhadap sang lawan meski bertamu ke Amsterdam Arena. Namun, setelah laga tersebut, mereka juga senantiasa keok di El Clasico menghadapi Barcelona. Seolah tiga angka atas klub terbesar Belanda, berarti kehilangan tiga angka atas rival abadi mereka di Liga Spanyol.

‘Kutukan’ ini dimulai pada tahun 2010. Ketika itu, Madrid baru saja menumpas perlawanan Ajax dengan skor mencengangkan 4-0. Karim Benzema, Alvaro Arbeloa, dan Cristiano Ronaldo (2 gol) menjadi pahlawan Madrid di Amsterdam. Jelas, menang atas Ajax, membuat Madrid percaya diri menjelang El Clasico yang digelar pada 29 November 2010.

Namun apa yang terjadi? Los Blancos justru dibantai 5-0 oleh Barcelona. Salam lima jari diperkenalkan kembali, dan kekalahan tadi menghantui mereka sepanjang musim. Madrid gagal juara Liga Spanyol.

Musim lalu, pun demikian. Madrid mendatangi El Clasico dengan penuh kepercayaan diri. Mereka baru saja menguliti Ajax 0-3 lewat dua gol Jose Callejon dan Gonzalo Higuain. Namun, kala berhadapan denagn Barcelona, Madrid kembali tertimpa kekalahan.

Bermain di kandang sendiri, Los Blancos terhantam 1-3. Pasukan Jose Mourinho yang sudah unggul 1-0, mesti rela terbobol tiga kali untuk menelan kekalahan. Beruntunglah  di ujung cerita, juara Liga Spanyol menjadi milik Madrid.

Tahun ini, masihkah mitos ini bertahan? Apakah kemenangan 1-4 atas Ajax Amsterdam pertengahan pekan ini berarti kekalahan dari Barcelona?

Tahun 2010
23 November 2010     Ajax vs Real Madrid 0-4
29 November 2010     Barcelona  vs Real Madrid 5-0

Tahun 2011
7 Desember 2011     Ajax vs Real Madrid 0-3
10 Desember 2011     Real Madrid vs Barcelona 1-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda