Celebes Cup 2012

Persib Bandung yang menjadi tuan rumah turnamen Celebes Cup 2012 akan menantang Makassar United (MU) dalam partai pembuka turnamen tersebut yang diagendakan digelar pada Sabtu, 3 November 2012. Selain Persib dan MU, dua tim lain yang akan tampil di turnamen dengan sistem gugur ini adalah Sriwijaya FC dan Barito Putra. Celebes Cup sendiri rencananya akan ditayangkan oleh ANTV.

Persib Bandung bersiap serius menjelang bergulirnya ISL pada Januari 2013. Mereka akan menjadi tuan rumah Celebes Cup 2012. Turnamen ini akan berlangsung selama dua hari (3-4 November 2012) di Stadion Siliwangi. Celebes Cup 2012 akan diikuti empat tim. Selain tuan rumah Persib Bandung, ada pula Makassar United (MU). Selain itu terdapat juara bertahan ISL, Sriwijaya FC, plus juara Divisi Utama versi PT LI, Barito Putra.

Pertandingan ‘semifinal’ Celebes Cup 2012 akan digelar pada 3 November 2012. Pertandingan pertama adalah duel juara dua kasta berbeda versi PT Liga Indonesia, yaitu Sriwijaya FC vs Barito Putra. Pertandingan berikutnya, berlangsung pada hari yang sama, adalah duel yang dinanti-nantikan bobotoh, Persib Bandung vs Makassar United (MU). Barulah pemenang dua laga ini diadu pada partai ‘final’ pada 4 November.

“Rencananya, pertandingan pertama, Sriwijaya FC melawan Barito Putera. Pertandingan berikutnya, Persib (bertanding) melawan Makassar United. Masing-masing pemenang akan bertanding pada tanggal 4 November,” kata Budhi Bram Rachman sebagai panitia pelaksana seperti dikuti Bola.net.

Sejatinya, sesuai namanya, Celebes Cup, awalnya direncanakan digelar di Makassar. Namun, dengan alasan sedang ada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Massar pada awal November, maka jalannya Celebes Cup 2012 dialihkan ke Bandung atas persetujuan PT Liga Indonesia.

Rencananya, turnamen ini akan ditayangkan secara live oleh ANTV. Kehadiran Persib Bandung, Sriwijaya FC, dan Barito Putra dianggap sebagai magnet yang akan menarik perhatian penggemar sepakbola Indonesia.