Scroll to Top

PSSI vs KPSI: La Nyalla dkk. Siap Kongres Tahunan 10 November

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 06 Oct 2012

KPSI PSSI Tandingan

PSSI Tandingan, atau PSSI hasil Kongres Luar Biasa Ancol, bersiap menggelar Kongres Tahunan pada 10 November 2012. Dalam kongres tersebut, rencana bergabungnya Semen Padang dan Persijap ke ISL akan menjadi pembahasan. Kongres ini digunakan untuk menggodok format dan peserta Indonesia Super League (ISL) dan beberapa masalah lain berkaitan dengan organisasi.

PSSI Ancol atau PSSI La Nyalla berencana mengadakan Kongres Tahunan pada 10 November 2012. Selain membahas beberapa masalah organisasi, agenda kongres adalah pembahasan nasib Semen Padang dan Persijap Jepara. Apakah kedua klub ini akan disertakan pada ISL atau tidak.

“Kongres memang akan berbeda. Selain soal kewajiban, Kongres Tahunan PSSI (Ancol) itu akan membahas soal peserta ISL terkait kembalinya Semen Padang dan Persijap Jepara. Formatnya juga dibahas,” kata Tigor Shalom Boboy, Acting Sekjen PSSI Ancol.

Merunut ke belakang, berdasarkan penafsiran KPSI (yang kelak membentuk PSSI Ancol), terhadap Kongres Bali, jumlah peserta kompetisi tertinggi (ISL) adalah 18 klub. Padahal ketika itu jumlah peserta ISL baru 14 klub.

Atas dasar inilah dalam ISL musim lalu, ada nama seperti PSMS ISL, Persegres Gresik United, Persiram Raja Ampat, dan PSAP Sigli. Keempat klub berstatus peserta delapan besar Divisi Utama Liga Indonesia 2010-2011, yang dinaikkan kastanya.

Musim depan, jika Semen Padang dan Persijap masuk ke ISL, maka jumlah peserta kemungkinan membengkak menjadi 20. Hal ini akan berbeda dengan ketentuan Kongres Bali. Artinya, Kongres Tahunan PSSI Ancol ini mungkin saja digunakan sebagai dasar pengubahan format (dari 18 menjadi 20 klub). Sekaligus penerimaan dua klub IPL tersebut ke kompetisi ISL, andai kedua klub tersebut benar-benar ingin bergabung dengan ISL yang dikelola oleh PT Liga Indonesia.

Sebagai catatan, anggota dalam Kongres Tahunan PSSI Ancol masih terdiri dari 18 klub ISL. Semen Padang dan Persijap masih berstatus sebagai peninjau.

Tigor Shalom Boboy sendiri menyebutkan bahwa Kongres PSSI Ancol tidak berkaitan dengan Kongres PSSI (Djohar Arifin) yang sudah disepakati dalam Mou PSSI-KPSI dan rapat kedua JC (Joint Commitee).

“Berbeda. Kongres Tahunan (PSSI Ancol) 10 November 2012 memang agenda PSSI La Nyalla. Tidak ada hubungannya dengan Komite Bersama PSSI,” jelas Tigor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda