Scroll to Top

Cabrio, Mobil Kabel Beratap Terbuka di Swiss

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 07 Oct 2012

cabrio

Satu lagi mobil kabel (cable car) yang menawarkan pemandangan fantastis dibuka. Adalah Cabrio, sebuah mobil kabel di Swis, dibuat dengan ketinggian 1,9 kilometer yang jalurnya menaiki gunung Stanserhorn. Jika seseorang ti

dak terbiasa berada di ketinggian seperti ini, maka akan mengalami pusing dan mual. Namun, kengerian dalam ketinggian ini dibayar oleh keindahan alam pegunungan yang tampak asri.

Yang tidak biasa dari mobil kabel ini adalah punya double deck. Transportasi ini terdiri dari dua tingkat dengan tingkat teratas punya model atap terbuka. Penumpang di bawah menyaksikan pemandangan dari balik kaca. Sementara untuk penumpang di lantai atas bisa menikmati udara dan pemandangan tanpa ada halangan kaca.

Seperti dikutip Amusing Planet, total penumpang yang bisa dibawa mobil kabel double decker ini sejumlah 90 orang. Lantai bawah bisa dimuati sampai 60 orang dan lantai atas hanya bisa dinaiki 30 orang. Dan, agar penumpang di bawah bisa merasakan sensasi yang sama dengan yang di atas, maka seluruh lapisan mobil kabel dibuat dari kaca tembus kaca. Bedanya, yang di lantai bawah tidak merasakan kencangnya angin pengunungan.

cabrio

Lokasi Cabrio berada di kota Lucerne. Jarak yang ditempuh sekitar 2,3 kilometer. Kecepatan mobil kabel ini 8 meter per detik. Penumpang berangkat dari stasiun Cabrio di desa Stans yang jaraknya kira-kira 15 menit dari pusat kota Lucerna. Lalu, kendaraan ini akan membawa penumpang sampai ke puncak gunung Stanserhorn yang tingginya 1.850 meter.

Saat ini sudah ada tiga mobil kabel double deck yang beroperasi. Yaitu Express Vanoise yang melintasi ngarai Ponturin di Perancis, dan Ropeway Shinhotaka yang bergerak menanjaki Gunung Hotaka di Jepang. Cabrio adalah mobil kabel double deck ketiga da satu-satunya yang punya atap terbuka untuk saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda