Scroll to Top

AMD Z-60 Hondo: APU Untuk Tablet Diluncurkan, Mampu Mainkan Game Call of Duty

By Ditya / Published on Wednesday, 10 Oct 2012

APU Hondo Z-60

Seperti yang diperkirakan sebelumnya, AMD akhirnya meluncurkan APU (Accelerated Processing Unit) Hondo Z-60 yang ditujukan untuk perangkat tablet. AMD berani mengklaim kemampuan grafis yang diusung APU Z-60 ini mampu memainkan game Call of Duty: Modern Warfare 2.

Bukan tanpa alasan AMD menyiapkan APU Hondo Z-60, dimana sebenarnya AMD sudah agak terlambat untuk bermain disini, Para pesaingnya seperti Nvidia dan Intel telah memasuki pasar mobile lebih dulu.

AMD menghadirkan APU Hondo Z-60 ini sebagai jawaban atas hadirnya Intel Atom Clover Trail yang telah digunakan pada beberapa ponsel seperi Lava Xolo. Tak hanya itu, APU Hondo Z-60 ini juga siap bersaing dengan Nvidia Tegra 3 meski secara teknis sebenarnya keduanya beda arsitektur.

APU Hondo Z-60 adalah prosesor dual-core dengan kecepatan 1GHz berbasis arsitektur AMD Bobcat yang didesain khusus untuk menghasilkan prosesor hemat energi seperti Intel dengan prosesor Atom-nya.

Baterai APU Hondo

Salah satu kelebihan APU Hondo Z-60 ini adalah grafis yang terintegrasi didalamnya terbilang powerfull untuk kelas mobile. AMD membekali APU Hondo Z-60 dengan grafis AMD Radeon HD6250 yang didalamnya terdapat 80 stream prosesor.

AMD mengklaim bahwa grafis yang diusung APU Hondo Z-60 ini mampu memainkan game berat seperti Call of Duty: Modern Warfare 2 dengan resolusi 1024 x 768 piksel pada 30 fps (frame per second).

APU Hondo Z-60 ini ditujukan untuk perangkat tablet, maka AMD mendesainnya agar hemat energi. APU Hondo Z-60 menggunakan TDP (Thermal Design Power) hanya 4,5W saja, AMD mengklaim tablet dengan APU Hondo Z-60 dengan baterai 30Wh akan dapat memutar video HD 720p selama 6 jam, agak tertinggal dengan Intel Atom Clover Trail yang mampu memutar video HD 720p hingga 10 jam.

Seperti yang dilansir dari The Verge (09/10/2012), kehadiran APU Hondo Z-60 dari AMD ini akan menjadi lawan berat bagi Intel Atom Clover Trail yang saat ini perlahan-lahan mulai memasuki pasar mobile. AMD sendiri sebenarnya bisa dibilang agak terlambat, namun lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda