Scroll to Top

RIM Bagikan 6.000 Prototipe BlackBerry 10 Pada Pengembang Aplikasi

By Ditya / Published on Thursday, 11 Oct 2012
Jeff Gadway
Jeff Gadway, Manajer Pemasaran BlackBerry

Research In Motion atau RIM, pembesut BlackBerry ini membagikan sekitar 6.000 prototipe BlackBerry 10 bagi para pengembang aplikasi untuk memudahkan para pengembang untuk mengembangkan aplikasi yang mendukung platform BlackBerry 10.

Rabu kemarin (10/10/2012) RIM membuka BlackBerry App World bagi pengembang untuk mengajukan aplikasi untuk BlackBerry 10 buatannya. Jeff Gadway, manajer pemasaran RIM mengatakan bahwa perusahaan akan membagikan 6.000 prototipe BlackBerry 10 bagi para pengembang.

Langkah ini cukup penting agar BlackBerry 10 nantinya kaya aplikasi seperti pesaingnya, yakni Android dan iOS. Android dn iOS sendiri saat ini telah memiliki ratusan ribu aplikasi di App Store atau Google Play yang akan memanjakan pengguna untuk memilih aplikasi yang dibutuhkan.

Saat ini posisi BlackBerry di pasar smartphone sangat memprihatinkan. Android menguasai lebih dari 50 persen pasar smartphone dunia dan disusul oleh Apple dengan iOS yang menguasai sekitar 30 persen pasar. BlackBerry diperkirakan menduduki posisi ketiga atau keempat dengan menguasai kurang dari 7 persen pasar smartphone dunia.

Hal ini diperparah dengan kondisi keuangan RIM yang juga sangat memprihatinkan. BlackBerry 10 menjadi satu-satunya harapan RIM untuk tetap dapat bersaing di pasar mobile. RIM cukup percaya diri dengan target posisi ketiga di pasar smartphone untuk BlackBerry 10.

BlackBerry 10 sendiri jadwal rilisnya dikabarkan terus tertunda. Awalnya, BlackBerry 10 akan dirilis akhir tahun 2012, kemudian ditunda hingga awal tahun 2013. Kabar terakhir menyebutkan bahwa BlackBerry 10 akan meluncur pada bulan Maret 2013.

Seperti yang dilansir dari Venture Beat (10/10/2012), langkah RIM dengan membagikan 6.000 prototipe BlackBerry 10 pada pengembang ini merupakan batu loncatan agar kelak BlackBerry 10 kaya aplikasi dan mampu bersaing dengan Android, iOS dan juga Windows Phone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda