Scroll to Top

Pengguna Twitter Indonesia Capai 30 Juta dan 2 Juta Aktif Tiap Hari

By Ditya / Published on Sunday, 14 Oct 2012

Twitter Menghapus Nama Aplikasi Pihak Ketiga di Situsnya

Pengguna situs microblogging Twitter di Indonesia dikabarkan telah mencapai 30 juta pengguna dengan 2 juta pengguna aktif berkicau setiap harinya, tak heran kadang trending topic Twitter berasal dari Indonesia.

Meski jumlah pengguna Twitter di Indonesia teramsuk banya, yakni 30 juta, namun banyak juga akun Twitter anonim. Bahkan akun-akun anonim ini kadang membuat ulah yang menarik perhatian banyak kalangan, sebut saja akun @TrioMacan2000 yang sempat heboh karena tweet-nya yang kontroversial.

“Akhir bulan Agustus lalu, ada sekitar 29 juta akun Twitter yang ada di Indonesia. Sayang ajumlah akun anonim Twitter sampai saat ini tidak dapat dipastikan, tapi yang fantastis adalah perumbuhan bulan Agustus yang mencapai 10.000 akun baru,” kata Shafiq Pontoh, aktivis media sosial di acara Social Media Festival 2012.

Dari 30 juta akunTwitter di Indonesia, terdapat sekitar 2 juta akun yang aktif berkicau atau tweet tiap harinya. Angka ini cukup kecil jika dibandingkan jumlah keseluruhan akun Twitter yang ada di Indonesia.

Seperti yang dilansir dari Tempo (14/10/2012), Shafiq Pontoh memang salah satu penggiat media sosial di Indonesia yang juga bekerja disebuah perusahaan yang khusus mengamati perkembangan sosial media seperti Facebook dan Twitter

Akun Twitter yang aktif di Indonesia sebagian besar adalah berasal dari kalangan remaja. Hal ini wajar mengingat kalangan remaja seperti pelajar dan mahasiswa di Indonesia cukup antusias dengan layanan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

“Kalau dihitung hanya ada 2 juta akun yang aktif per hari. Mungkin besoknya bukan akun yang hari ini berkicau, tapi akun yang lain. Tapi tetap hitungannya per hari 2 juta,” tambah Shafiq Pontoh yang juga Head of Brand and Business Development di situs Salingsilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda