Scroll to Top

Facebook Rilis Laman Pencegahan Bullying

By Ibnu Azis / Published on Friday, 19 Oct 2012

Facebook Prevent Bullying

Facebook serius dalam aksinya memberantas praktik bullying. Untuk mendukung gerakan tersebut, jejaring sosial semiliar umat ini meluncurkan laman khusus sebagai tindakan pencegahan aksi bullying ini.

Secara kebetulan, tatkala peluncuran laman tersebut bersamaan dengan Bullying Prevention Month atau Bulan Pencegahan Bullying (Oktober). Dengan laman ini pengguna bisa turut ambil bagian dalam usaha dan upaya preventif.

Lantas apa saja yang ditawarkan oleh laman pencegahan bullying Facebook tersebut? Seperti dilaporkan AllFacebook nantinya pengguna bisa turut ambil bagian dalam tindakan antara lain:

  • Sebuah dashboard dukungan dimana pengguna bisa menindaklanjuti ‘posting’ (bullying) yang bermasalah.
  • Sebuah video yang menguraikan penggunaan tool baru dari Facebook dalam pencegahan bullying termasuk sebuah resolusi sosial.
  • Berbagi video cerita sukses dari masyarakat yang berhasil menyelesaikan masalah dan isu bullying.
  • Dan yang terakhir tautan yang mengarah ke laman gerakan Stop Bullying: Speak Up.

Facebook mengatakan jika tool mereka lewat resolusi sosial yang memulai debutnya pada tahun lalu bagi usia 13 – 14 tahun telah mengalami peningkatan hingga 4 kali lipat. Sebanyak 81% pengguna mengaku puas dengan tool tersebut. Demikian tulis Facebook di Facebook Safety Page.

“Aksi bullying tidak dapat diterima. Entah itu terjadi di taman bermain, sekolah, atau dunia maya. Salah satu kunci untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menciptakan dukungan terhadap masyarakat dan budaya akuntabilitas,” tulis Facebook.

Selain itu belum lama ini Facebook juga telah memutakhirkan laman Pusat Bantuan atau Facebook Help Center dengan desain baru serta ketersediaan dashboard internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda