Scroll to Top

Telkom Siapkan Pengganti Satelit Telkom-3 Yang Gagal Capai Orbit

By Ditya / Published on Friday, 19 Oct 2012

Telkom-3

Masih ingat dengan satelit Telkom-3 milik PT Telekomunikasi Indonesia yang gagal capai orbit? Telkom dikabarkan telah menyiapkan satelit pengganti untuk satelit Telkom-3 yang gagal tersebut.

Satelit Telkom-3 dinyatakan hilang dan gagal mecapai orbit setelah diluncurkan bersama satelit Ekspress MD2 yang diluncurkan menggunakan roket Proton-M di Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan.

Peluncuran satelit Telkom-3 ini merupakan pengalaman pertama kali yang menggandeng perusahaan satelit asal Rusia, Rethesnev. Sayangnya pengalaman pertama Telkom dengan perusahaan Rusia ini langsung menelan pil pahit dengan hilangnya satelit Telkom-3.

Satelit Telkom-3 berkapasitas 42 transponder (setara 49 transponder @36MHz), terdiri atas 24 transponder @36MHz Standart C-band, 8 transponder @54 MHz Ext, C-band, dan 4 transponder @36 MHz, 6 transponder @54 MHz Ku-Band.

Ririk Ardiansyah, Complaine Risk Management Telkom mengatakan bahwa Telkom mempertimbangkan antara menyewa satelit atau membeli satelit baru untuk menggantikan peran satelit Telkom-3 yang gagal.

Satelit Telkom-3 sendiri telah diasuransikan dan dana asuransi tersebut akan cair pada pertengahan november mendatang oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) selaku penjamin asuransi.

Seperti yang dilansir dari Kompas (19/10/2012), Saat ini Telkom masih mengandalkan satelit Telkom-1 yang memiliki waku operasional hingga 2016 mendatang dan satelit Telkom-2 yang beroperasi hingga tahun 2020 mendatang.

“Bangsa ini butuh keamanan nasional. Militer dan finansial harus kita sendiri yang pegang. Kalau Telkom menggunakan pemanufaktur yang sama, maka hanya perlu waktu 2 tahun. Sebab, tidak butuh waktu lagi untuk mendesainnya,” kata Arief Yahya, Direktur Utama Telkom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda