Scroll to Top

Criticube, Kombinasi antara Twitter dan Wikipedia Karya Anak Bangsa

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 20 Oct 2012

Criticube

Apabila Twitter dan Wikipedia bersinergi, maka lahirlah Criticube. Situs ini menggabungkan ilmu pengetahuan yang dimiliki Wikipedia namun dikawinkan dengan ekosistem Twitter.

Criticube digagas oleh Rama Manusama, mantan mahasiswa S2 Bisnis yang kini tinggal di Belanda. Menurutnya Criticube sejenis forum dimana penggunanya bisa mengemukakan dan mengajukan tanggapan.

Secara sederhana Rama Manusama menjelaskan jika Criticube memiliki konsep yang hampir sama dengan Twitter. Pengguna bisa membuat posting tentang apapun. Namun posting ini lebih terorganisir.

Pengguna lain bisa mengikuti posting tersebut dengan men-follow pengguna yang membuat post tersebut. Pengguna bisa berinteraksi dengan membalas bahkan menimpali.

Balasan ini tersedia dalam beberapa sikap: positif, mendukung, netral, dan menentang. Balasan dengan sikap ini bertujuan agar pemosting paham benar dengan apa yang dipostingnya.

Tujuan Rama Manusama dengan skema yang demikian hanya ingin menumbuhkan ekosistem diskusi di kalangan pengguna. Mereka pasti memiliki pendapat beragam dan keyakinan masing-masing.

“Soalnya masing-masing orang pasti punya pendapat berbeda, tapi justru dari perbedaan itu bisa ditumbuhkan pengetahuan baru,” terang Rama Manusama pada Kompas, Sabtu (20/10/12).

Criticube memiliki pelbagai kategori yang mereka sebut dengan Cube. Sejauh ini ada sekitar 50-an Cube yang bisa dipilih. Topiknya beragam dan pengguna bisa membuat kategori atau Cube baru.

Untuk saat ini Criticube menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar. Tujuannya agar situs ini bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat Internasional.

Kunjungi Criticube di tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda