Scroll to Top

Windows 8 vs Windows RT: Inilah Perbedaan Antara Keduanya

By Ditya / Published on Tuesday, 23 Oct 2012

Windows 8

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Microsoft akan meluncurkan sistem operasi Windows 8 dan Windows RT pada tanggal 26 Oktober mendatang. Lalu apa perbedaan mendasar antara Windows 8 dan Windows RT? Sidomi akan coba jabarkan perbedaan antara 2 sistem operasi teranyar Microsoft.

Tak banyak orang awam yang mengetahui perbedaan mendasar antara Windows 8 dengan Windows RT. Sebagian besar hanya mengetahui bahwa Windows 8 adalah penerus Windows 7 sebagai sistem operasi desktop dan Windows RT adalah Windows 8 untuk perangkat tablet. Benarkah sesederhana ini?

Memang tak sesederhana itu, bahkan Microsoft harus melakukan training pada karyawan-karyawannya agar mengetahui perbedaan Windows RT dan Windows 8. Berikut perbedaan Windows RT dan Windows 8.

Dukungan Perangkat Keras

Windows 8 memang sistem operasi penerus Windows 7 yang berjalan diatas prosesor berbasis x86 seperti Intel dan AMD yang digunakan pada komputer desktop, laptop serta tablet berbasis x86.

Sedangkan Windows RT mendukung prosesor berbasis ARM seperti Qualcomm, Nvidia Tegra atau TI OMAP yang biasanya disematkan pada tablet dan smartphone.

Tampilan Antarmuka

Windows 8 hadir dengan 2 pilihan antarmuka, yakni desktop mode dan Metro Style. Desktop mode ini memiliki tampilan mirip desktop Windows 7, sedangkan Metro Style adalah antarmuka baru yang sering disebut sebagai antarmuka ubin yang dioptimalisasikan untuk touchscreen. Metro Style hadir pertama kali di sistem operasi Windows Phone.

Sedangkan Windows RT hanya menawarkan tampilan antarmuka Metro Style atau tampilan antarmuka ubin saja. Meski sempat dikabarkan Windows RT mendukung desktop mode, namun tentu saja fitur yang ditawarkan tak selengkan Windows 8.

Dukungan Perangkat Lunak

Windows 8 patut berbangga dengan dukungan perangkat lunak atau software yang cukup luas. Windows 8 tak hanya dapat menjalankan aplikasi dari Windows Store dan aplikasi pihak ketiga, namun Windows 8 juga kompatibel dengan mayoritas software yang berjalan di Windows 7.

Sedangkan Windows RT hanya dapat menjalankan aplikasi yang berasal dari Windows Store dan tak dapat menjalankan aplikasi pihak ketiga. Tak hanya itu, Windows RT juga tak dapat menjalankan aplikasi yang sebelumnya kompatibel dengan Windows versi sebelumnya, karena Windows RT berjalan diatas platform yang berbeda dengan Windows 7 dan Windows 8.

Windows 8 Pro Windows RT

Penggunaan Dalam Dunia Bisnis

Windows 8 hadir untuk menggantikan Windows 7 di dunia bisnis maupun pengguna biasa. Windows 8 Pro hadir bersama dengan apa yang dibutuhkan dalam dunia bisnis seprti fitur Active Directory, Remote Desktop server, Hyper-V, BitLocker dan banyak lagi.

Windows RT sejak awal didesain untuk penggunaan komputasi mobile khususnya tablet seperti iPad atau Galaxy Tab. Kemampuan dan fitur yang dimiliki Windows RT hanya cocok untuk kegiatan komputasi dasar seperti Office dan internet.

Dukungan Platform

Windows 8 berjalan di platform PC desktop, notebook, convertible notebook, ultrabook dan juga tablet berbasis x86. Sejak awal Windows 8 ini didesain sebagai generasi penerus Windows 7.

Windows RT sejak awal didesain untuk keperluan ultra mobile computing. Windows RT dirancang untuk digunakan pada perangkat tablet dan kehadirannya diplot untuk bersaing dengan iPad dan tablet Android. Perangkat berbasis Windows RT menawarkan kelebihan pada daya tahan baterai, mengingat platform ARM yang digunakan cukup hemat daya.

Seperti yang dihimpun Sidomi dari Wired (22/10/2012), secara umum inilah perbedaan mendasar antara Windows RT dan Windows 8. Windows 8 adalah sistem operasi ‘asli’ untuk komputer dan merupoakan generasi penerus Windows 7. Windows RT adalah sistem operasi tablet berbasis ARM yang akan berperan sebagai pesaing iPad dan tablet Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda