Share

Idul Adha 2012

Esok hari Jumat, 26 Oktober 2012, umat Islam akan memberikan ucapan selamat Idul Adha 2012 kepada satu sama lain. Ya, esok kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriyah. Ya, hari istimewa. Hari Raya Idul Qurban, ketika kita berbagi dengan sesama melalui penyembelihan hewan kurban.

Hari Raya Kurban, kala kita mengenang kisah perjuangan Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail, dalam mematuhi perintah Allah.
Bersyukurlah kita yang diberi kenikmatan menganut agama Islam. Agama yang mengajarkan cinta kasih. Agama yang menuntun umat untuk berpegang pada tali persaudaraan. Agama yang lebih mengutamakan praktik ibadah, daripada teori. Hal ini terasa benar ketika Hari Raya Idul Adha tiba.

Hari Raya Idul Qurban, adalah bentuk pengajaran kepada umat, tentang pentingnya berpasrah diri kepada Allah. Mengikuti semua perintah-Nya, meskipun kadang demikian berat. Ingatlah, bahwa Hari Raya Idul Adha, digunakan untuk memperingati peristiwa kala Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih putranya sendiri, Ismail. Sebuah perintah yang demikian berat. Ismail, adalah putra yang lama ditunggu-tunggu oleh Ibrahim. Dan siapa yang akan menyangkal kebesaran cinta seorang ayah kepada putranya?

Namun, dengan gagah berani, setelah meminta kemantapan hati sang putra, Ibrahim berniat melaksanakan tugas tersebut. Ibrahim pun lulus ujian. Allah hanya ingin mengetahui seberapa cintanya sang nabi terhadap-Nya. Ismail pun kemudian diganti dengan sembelihan berupa domba.

Idul Adha, juga berarti berbagi. Kita bergotong royong menyembelih hewan kurban, untuk membagi dagingnya kepada semua kalangan. Meningkatkan rasa kebersamaan. Maka, tak salah jika menjelang hari mulia ini, kita saling mengirim ucapan selamat Idul Adha 2012.  Di antaranya ada di bawah ini.

  • Selamat hari Raya Idul Adha. Semoga Allah melimpahkan cinta Nabi Ibrahim as kepada-Nya kedalam diri kita sampai akhir hayat kita.
  • Sebelum terbit mentari
    Semburatnya kan kuhiasi
    Untaian doa dan harapan
    Untukmu di hari raya kurban
  • ALLAHU AKBAR 3x. Gema takbir berkumandang memecahkan suasana sepi yang merasuk sukma dan menenangkan jiwa. Semoga suwasana itu jadi bagian di hari raya Qurban ini bagi kita semua. Amin.
  • Idul Adha adalah saat untuk merayakan
    semangatmu dalam berkurban
    harapanmu pada ampunan
    dan keteguhanmu dalam beriman.
  • Hidup adalah sebuah pencarian. Labuhkan pencarian hidupmu hanya pada Yang Maha Kekal mski penuh pengorbanan. Layaknya pencarian dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang hanif. Selamat hari raya Idul Adha.
  • Ketulusan hati sering terlukai dengan keegoan. Keikhlasan penghambaan sering tergores dengan keangkuhan. Nabi Ibrahim AS selalu menjadi inspirasi tak bertepi untuk perbaiki diri. Selamat Idul Adha.