Scroll to Top

Android 4.2 Jelly Bean Diluncurkan, Ini Fitur Barunya

By Ditya / Published on Tuesday, 30 Oct 2012

Android 4.2 jelly bean

Bersamaan dengan rilisnya ponsel Nexus 4 dan tablet Nexus 10 di New York, Google juga merilis sistem operasi terbaru yang juga digunakan oleh Nexus 4 dan Nexus 10, Android 4.2 Jelly Bean. Berikut fitur baru yang dibawa oleh Android 4.2 Jelly Bean.

Photo Sphere dan Keyboard Gestures

Panoramic foto

Photo Sphere ini adalah salah satu fitur menakjubkan dari Android 4.2 Jelly Bean. Photo Sphere memungkinkan pengguna mengambil foto dari setiap arah, mirip dengan Street View dan Panoramic Photo.

Selain Photo Sphere, Android 4.2 juga mengusung fitur keyboard gestures. Fitur keyboard gestures ini sebenarnya telah hadir di aplikasi pihak ketiga, kini fitur ini diadopsi oleh Google dengan berbagai penyempurnaan.

User Login

user login

Fasilitas user login ini adalah salah satu fitur baru yang dibawa Android 4.2 Jelly Bean. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk login ke perangkat layaknya login di komputer. Melalui fitur user login ini, pengguna dapat mengkustomisasi homescreen, widget hingga aplikasi sendiri.

Fitur ini juga bermanfaat untuk mengakomodasi jika pengguna tablet ini lebih dari 1 orang, sehingga masing-masing memiliki kustomisasi sendiri-sendiri. Fitur user login ini untuk sementara hanya tersedia pada tablet, namun kedepan akan dikembangkan untuk smartphone.

Wireless Display

wireless display

Android 4.2 juga dilengkapi sebuah fitur bernama wireless display dimana pengguna dapat menghubungkan perangkat Android dengan monitor lain atau TV tanpa menggunakan kabel. Untuk menggunakan fitur ini dibutuhkan wireless display adaptor untuk monitor atau TV yang memiliki konektor HDMI.

Notifikasi

Google memperluas fungsi notifikasi pada Android 4.2 Jelly Bean yang memungkinkan pengguna untuk menindak lanjuti pemberitahuan atau notifikasi yang muncul hanya dengan sekali sentuh.

Google Now

Mungkin Google Now bukanlah fitur baru, karena telah hadir sejak Android 4.1 Jelly Bean. Namun fitur Google Now ini telah diperbarui oleh Google, sebagai contoh, pada Weather, kini tak hanya memberitahukan cuaca hari ini, namun juga perkiraan cuaca hari ini atau esok. Cukup banyak tambahan fitur di Google Now.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (29/10/2012), sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean yang saat ini telah disematkan pada ponsel Nexus 4 dan tablet Nexus 10 ini akan menjadi ancaman bagi iOS 6. Android 4.2 Jelly Bean ini juga menjadi jawaban Google atas Windows Phone 8 yang juga diluncurkan dihari yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda