Scroll to Top

Intel Kembangkan Prosesor 48 Core Untuk Smartphone dan Tablet

By Ditya / Published on Thursday, 01 Nov 2012

logo intel

Intel dikabarkan sedang mengembangkan prosesor 48 core yang didesain untuk perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Ini adalah sebuah inovasi sekaligus langkah berani Intel untuk menghadirkan prosesor multi-core di pasar mobile dimana saat ini jumlah core prosesor mobile paling banyak adalah 4 core atau quad-core.

Jawara prosesor x86 ini tampaknya mulai serius untuk memasuki pasar mobile. Tak tanggung-tanggung, setelah meluncurkan prosesor Intel Atom Meldfield, kini Intel mengembangkan prosesor mobile dengan jumlah core yang fantastis, 48 core!

Menurut seorang ilmuwan Intel, setidaknya diperlukan waktu hingga 10 tahun untuk menghadirkan prosesor mobile dengan jumlah core yang sangat banyak. Jangankan mobile, platform server saja sampai saat ini belum ada yang menggunakan jumlah core sebanyak itu.

Justin Rattner, CTO Intel, mengatakan bahwa pihaknya optimis bahwa pengembangan prosesor mobile 48 core ini bisa berjalan lebih cepat dari 10 tahun, karena kebutuhan komputasi akan semakin berat dan membutuhkan prosesor yang memiliki banyak core.

Sebelumnya Intel memang telah mengembangkan prosesor server dengan jumlah core hingga 50 core melalui prosesor Xeon Phi yang saat ini masih terus dikembangkan oleh Intel.

Pesaing berat Intel di pasar prosesor mobile adalah ARM. Saat ini prosesor berbasis ARM paling banyak memiliki 4 inti pemrosesan atau quad-core dan saat ini prosesor quad-core tersebut bisa dibilang lebih dari cukup.

Perkembangan perangkat keras juga harus diimbangi dengan perkembangan perangkat lunak. Sistem operasi mobile populer seperti Android, iOS atau Windows Phone 8 dinilai belum mampu memanfaatkan potensi prosesor quad-core dengan baik.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (31/10/2012), hal ini terlihat dari iDevices besutan Apple dan ponsel Windows Phone masih menggunakan prosesor dual-core, padahal prosesor quad-core sudah sangat banyak dan terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda