Scroll to Top

FB Uji Coba Timeline Satu Kolom

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 01 Nov 2012

FB Timeline 1 kolom

Facebook saat ini tengan mengujicoba tampilan timeline satu kolom. Dengan demikian FB timeline hanya akan diisi oleh dua konten: update status di kolom kiri dan segala aktivitas pengguna di kolom sebelah kanan.

Sebelumnya dua aktivitas ini bercampur di dua kolom. Baik update status maupun aktivitas pengguna. Dengan FB timeline satu kolom maka di kolom sebelah kiri hanya ada postingan pengguna yang dibagikan baik itu teks, lokasi, foto, video, catatan, tautan, dan lainnya.

Uji coba ini bukannya tanpa alasan. Pengguna sebelumnya harus menggulir laman ke bawah untuk melihat postingan sebelumnya. Dengan tampilan dua kolom, tak sedikit pengguna yang mengeluh jika mereka merasa ‘frustasi’.

Dengan tampilan satu kolom saja maka pengguna bisa fokus dalam satu stream saja. Mereka tak harus melihat kolom sebelah kiri atau kanan. Hanya di kolom kiri saja letak update status. Namun timeline bulan dan tahun masih tersedia di sisi kanan laman profilpengguna.

Sementara itu untuk segala aktivitas pengguna akan ditampilkan di kolom sebelah kanan. Seperti social reader, aplikasi, permainan, pertambahan teman, foto, upload Instagram, dan lainnya. Layout aktivitas pengguna tidak berubah.

FB Timeline 1 kolom

Namun desain ini ketika memanjang ke bawah akan nampak kosong. Sebab setelah kolom aktivitas pengguna telah ditampilkan semua, maka tak ada lagi yang dimunculkan. Sebelumnya akan muncul postingan terdahulu yang pernah dibagikan.

Facebook mengatakan jika uji coba ini diterapkan ke beberapa pengguna tertentu. Jejaring sosial ini juga tak menambahkan informasi lainnya selain mendesain ulang tampilan timeline menjadi satu kolom. Demikian tulis Inside Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda