Scroll to Top

Android Kini Telah Berumur 5 Tahun

By Ditya / Published on Tuesday, 06 Nov 2012

Android 5 tahun

Tak terasa, Android kini telah berusia 5 tahun sejak hadirnya Android versi 1.0 hingga saat ini Android telah mendominasi pasar smartphone dan telah mencapai versi 4.2 Jelly Bean dengan segala kecanggihan fitur yang dibawanya.

Kehadiran Android sendiri berawal dari rumor yang mengatakan bahwa Google akan membuat ponsel sendiri bernama Google Phone atau GPhone yang kabarnya dibuat untuk menyaingi Apple iPhone. Namun, ternyata Google malah membentuk Open Handset Alliance dan merilis sistem operasi untuk ponsel yang disebut sebagai Android.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (05/11/2012), Android adalah sistem operasi open-source yang dibuat menggunakan basis kernel Linux dan bebas digunakan oleh berbagai produsen ponsel dan pengembang aplikasi.

HTC Dream
HTC Dream

Pada bulan Oktober 2008, muncul smartphone Android pertama yang dikenal sebagai G1 atau HTC Dream yang mengusung spesifikasi yang cukup tinggi dimasanya. HTC Dream ini dibekali layar berukuran 3,2 inci, kamera dengan resolusi 3,15 megapiksel, memori RAM sebesar 192MB serta datang bersama keyboard slide-out QWERTY.

HTC Dream atau G1 ini awalnya menggunakan sistem operasi Android 1.0 yang kemudian mendapatkan update ke Android 1.6 Donut satu tahun kemudian. Bandingkan dengan ponsel Nexus terbaru, LG Nexus 4.

Nexus 4
LG Nexus 4

Nexus 4 mengusung prosesor quad-core, layar 4,7 inci dengan resolusi HD serta menggunakan sistem operasi terbaru, Android 4.2 Jelly Bean. Tak hanya itu, Android kini juga telah mendominasi pasar smartphone hingga 75% penguasaan pasar.

Sementara di segmen tablet, Android masih nomor dua, namun sistem operasi besutan Google ini terus menunjukan tren kenaikan. Sebaliknya, iPad besutan Apple mengalami penurunan.

Semoga Google terus meningkatkan kualitas dan inovasi platform Android agar lebih baik lagi. Selamat ulang tahun yang ke 5, Android!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda