Scroll to Top

Zac Vawter Gunakan Kaki Robot Untuk Naiki Menara 103 Lantai

By Ditya / Published on Tuesday, 06 Nov 2012

kaki robot

Zac Vawter adalah laki-laki pertama yang menggunakan kaki robot yang dikontrol dengan otak untuk menaiki Willis Tower, sebuah bangunan dengan 103 lantai di Chicago.

Zac Vawter sendiri adalah seorang laki-laki yang berumur 31 tahun yang harus kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan sepeda motor. Zac Vawter harus menggunakan kaki buatan yang mirip kaki robot yang disebut yang menggunakan metode Targeted Muscle Reinnervation (TMR).

metode TMR adalah sebuah metode atau teknik yang menghubungkan syaraf yang terputus akibat amputasi ke otot-otot lainnya. Saraf yang biasanya mengendalikan kaki kanan Zac Vawter ini telah dipilih dan dialihkan ke hamstring nya, dan impuls listrik diubah menjadi sinyal yang menggerakkan kaki bionik atau kaki robot ini.

SkyRise Chicago mengadakan ujicoba kaki robot atau kaki bionik pertama seperti yang digunakan oleh Zac Vawter untuk naik ke menara Willis yang terdiri dari 103 lantai. Tak ada jaminan bahwa kaki bionik tersebut dapat terus bekerja dan beberapa peserta mengalami kegagalan.

Namun Zac Vawter telah berhasil mencapai lantai teratas menara Willis dalam waktu kurang dari 1 jam, tepatnya 53 menit sembilan detik menggunakan kaki robot atau bioniknya tanpa mengalami masalah.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (05/11/2012), Zac Vawter sebenarnya adalah kelinci percobaan untuk perangkat kaki buatan mutakhir ini, yang merupakan hasil kerjasama antara Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan beberapa universitas ternama.

Kaki bionik atau kaki robot ini memiliki berat sekitar 10 kg dan menghabiskan biaya sekitar USD $8 juta untuk membuatnya. Kaki bionik ini memiliki 2 motor penggerak yang berada di lutut dan pergelangan kaki secara terpisah. Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda