Scroll to Top

Apple Tendang Intel dan Beralih ke ARM Untuk Macintosh?

By Ditya / Published on Wednesday, 07 Nov 2012

Apple Intel

Seperti yang pernah diberitakan Sidomi sebelumnya, Apple dikabarkan akan menendang Intel dan beralih menggunakan chip prosesor desain Apple sendiri yang menggunakan basis prosesor ARM.

Seperti yang kita tahu, sebelum Apple menggunakan prosesor Intel, Apple mengandalkan prosesor PowerPC besutan IBM dan beralih menggunakan prosesor x86 dari Intel pada tahun 2006.

Setelah 6 tahun menggunakan prosesor berbasis Intel, Apple tampaknya kurang puas dengan performanya, terutama pada daya tahan baterai. Apple dikabarkan melirik prosesor berbasis ARM yang lebih efisien dalam mengkonsumsi daya.

Apple sendiri sudah memiliki pengalaman untuk mendesain prosesor berbasis ARM melalui prosesor Apple seri A, mulai dari A4, A5, A5X, A6 dan yang terbaru adalah A6X yang digunakan pada iPad 4. Pertanyaanya, mampukah prosesor ARM menangani beban kerja berat di Mac OSX?

Seperti yang kita ketahui, chip prosesor x86 seperti yang diproduksi oleh Intel dan AMD dirancang untuk ini didesain untuk komputasi intensif seperti keperluan server dan komputasi desktop. Sedangkan prosesor ARM yang lebih efisien ini lebih banyak digunakan untuk ultra-mobile computing seperti tablet dan hampir dipastikan kinerjanya kalah dibanding prosesor x86 seperti Intel dan AMD.

Apple sendiri sempat dikabarkan melirik solusi APU (Accelerated Processing Unit) dari AMD bahkan, Apple dikabarkan telah membuat prototipe MacBook berbasis AMD APU, sayangnya sampai saat ini tak terdengar lagi kabarnya.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (06/11/2012), menurut Patrick Wang, analis dari Evercore Partners, mengatakan bahwa potensi pergeseran prosesor Mac dari Intel ke ARM itu sangat mungkin, dan jika itu terjadi, tentu saja akan menjadi masalah besar bagi Intel.

“Prosesor Intel jauh lebih kuat untuk menjalankan komputasi-intensif pada aplikasi Mac. Kami percaya ini merupakan tantangan bagi Intel untuk memberikan daya tahan baterai yang lebih kuat. Saya pikir itu akan memakan beberapa tahun sebelum Apple bisa beralih dari Intel untuk chip sendiri yang berbasis ARM,” kata Patrick Wang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda