Scroll to Top

Liga Inggris: Pemain Inggris di Newcastle, Sunderland, dan West Brom Masih Mandul

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 07 Nov 2012

Peter Odemwingie

Liga Inggris 2012-2013 tak terasa baru saja mengakhiri pekan ke-10 dan telah memainkan sebanyak 99 pertandingan. Dari jumlah itu, sebanyak 281 gol telah diciptakan oleh para pemain. Ironisnya, tak satupun pemain asli Inggris yang bermain di Newcastle United, Sunderland, dan West Bromwich Albion yang mampu mencetak gol bagi klubnya masing-masing.

Yap, dari 15 gol yang telah dicetak West Brom sejauh ini, tak ada satupun pemain asli Inggris yang turut menyumbang gol. Dari jumlah tersebut, tiga gol dibagi rata oleh Shane Long, Romelu Lukaku, dan Peter Odemwingie yang bukanlah orang asli Inggris.

Hal tersebut masih bisa dipahami mengingat The Baggies memang tak cukup mengandalkan talenta asli Inggris di dalam timnya. Tercatat, hanya ada Liam Ridgewell, Ben Foster, dan Billy Jones, pemain asli Inggris yang menjadi andalan manajer Steve Clarke. Ketiganya pun bermain di posisi bertahan.

Setali tiga uang dengan Newcastle. 12 gol telah mereka cetak sejauh ini, namun tak ada pemain asli Inggris seperti dua striker, Shola dan Sammy Ameobi, yang bisa mencetak gol. Pemain asli Inggris di tubuh The Magpies lebih banyak berada di posisi bertahan seperti Ryan Taylor, Mike Williamson, Danny Simpson, dan Steven Taylor.

Sunderland lebih parah.  Berstatus sebagai tim termandul dengan hanya raihan enam gol, lima gol diantaranya hanya dicetak oleh Steven Fletcher yang merupakan warga Skotlandia. Satu gol lain yang didapat The Black Cats datang dari gol bunuh diri Demba Ba.

Wigan Athletic menjadi tim terakhir yang lolos dari status buruk tersebut. Sebuah gol dari Ben Watson yang merupakan pemain asli Inggris di Wigan ke gawang Tottenham Hotspur akhir pekan lalu membuat The Latics tak jadi menemani ketiga tim tersebut.

Berikut adalah pencetak gol ketiga tim tersebut beserta asal negaranya:

West Brom (15 gol): Shane Long (Rep. Irlandia, 3 gol), Romelu Lukaku (Belgia, 3 gol), Peter Odemwingie (Nigeria, 3 gol), James Morrison (Skotlandia, 2 gol), Zoltan Gera (Hungaria, 2 gol), Gareth McAuley (Irlandia Utara, 1 gol), Youssuf Mulumbu (RD Kongo, 1 gol)

Newcastle (12 gol): Demba Ba (Senegal, 7 gol), Hatem Ben Arfa (Prancis, 2 gol), Yohan Cabaye (Prancis, 2 gol), Papiss Cisse (Senegal, 1 gol)

Sunderland (6 gol): Steven Fletcher (Skotlandia, 5 gol), Demba Ba (own goal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda