Scroll to Top

Check-In via FB Bisa Akses Wifi Gratis

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 08 Nov 2012

Facebook Check-In

Jika eksperimen ini berhasil, nantinya pengguna yang check-in via FB bisa mengakses Wifi gratis. Saat ini Facebook tengah mengujicoba sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya akses wifi gratis bilamana melakukan aktivitas check-in lewat jejaring sosial tersebut.

Akses wifi memang tersedia di pelbagai tempat. Sebut saja di mall, cafe, sekolah, universitas, ruang publik, dan lainnya. Akses wifi tersebut ada yang murni gratis maupun berbayar. Umumnya pengguna diwajibkan mengisi username dan password yang diberikan oleh pengelola wifi tersebut.

Facebook saat ini tengah mengujicoba program yang menghubungkan bisnis lokal di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang memungkinkan pengguna mengakses wifi gartis. Demikian tulis laporan Los Angeles Times seperti dinukil dari BGR.

Cara penggunaannya sangat sederhana. Pengguna tinggal check-in via Facebook di lokasi bisnis yang mereka singgahi. Kemudian pengguna akan diarahkan di laman Facebook lokasi bisnis tersebut. Dan nantinya pengguna diizinkan untuk menggunakan jaringan wifi.

Perusahaan atau bisnis lokal yang melakukan kerjasama ini tetap harus membayar tagihan internet mereka sendiri. Namun Facebook memberikan router secara cuma-cuma. Program ini menarik. Dengan iming-iming wifi gratis, pengguna diajak berbondong-bondong check-in di lokasi tertentu.

Tentu saja dua belah fihak memeroleh keuntungan. Pengguna bisa akses wifi, bermain internet sepuas mereka tanpa dipungut biaya. Bisnis lokal atau perusahaan memeroleh trafik ganda: ke laman Facebook-nya serta check-in di lokasi.

Pengguna pun bisa menyembunyikan lokasi check-in ini terkait masalah privacy. Tinggal mengaturnya di menu pengaturan. Sayangnya program ini tak memiliki rencana untuk implementasi lebih luas. LA Times menulis jika ini hanyalah percontohan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda