Scroll to Top

Ilmuwan Kembangkan Koneksi Internet Dengan Kecepatan 20Gbps

By Ditya / Published on Thursday, 08 Nov 2012

Internet Indonesia

Sebuah tim ilmuwan Inggris saat ini sedang mengembangkan solusi untuk menghadirkan internet dengan kecepatan yang mengagumkan, yakni 20Gbps! Kecepatan 20Gbps atau setara dengan 2000 kali kecepatan koneksi internet broadband saat ini.

Tim ilmuwan di Universitas Bangor yang berada di Wales Utara telah berhasil mengembangkan koneksi dengan kecepatan 20 gigabit per detik melalui proyek bernama Ocean Project. Dengan kecepatan seperti ini, sebuah film full HD dapat diunduh dalam waktu 10 detik saja, luar biasa!

Bandingkan dengan koneksi internet komersial tercepat saat ini, Google Fiber yang mampu menghasilkan kecepatan koneksi 1Gbps, ini saja belum bisa dinikmati oleh banyak orang. Tak hanya itu, Virgin Media juga menawarkan koneksi broadband tercepat hingga 1,5Gbps  di London timur.

Saat ini, tim ilmuwan asal Inggris tersebut mengatakan bahwa perlu waktu 3 tahun untuk membuat proyek koneksi internet 20Gbps menjadi layanan komersial. Hal ini disebabkan karena keterbatasan kemampuan serat optik yang digunakan saat ini.

“Masalahnya adalah, bahwa semua memerlukan banyak biaya. Jadi fokus untuk Ocean Project untuk mengetahui apakah kita bisa melakukannya dengan cara yang hemat biaya, dan apakah itu cara yang layak untuk melakukannya dalam pengaturan komersial?”, kata Dr. Roger Giddings, salah satu tim Ocean Project.

Tim ilmuwan ini memang telah sukses mengembangkan koneksi internet dengan kecepatan 20Gbps melalui serat optik, dan mereka yakin bahwa kedepan dapat mewujudkan koneksi hingga 2 kali lebih cepat, yakni 40Gbps.

Seperti yang dilansir dari BBC (07/11/2012), yang menjadi tantangan pala ilmuwan dari Universitas Bangor ini adalah bagaimana mengubah teknologi yang telah sukses diujicoba di laboratorium dan mengaplikasikan ke jaringan serat optik yang ada saat ini dengan harga yang kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda