Scroll to Top

Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 08 Nov 2012

nangka

Makan buah nangka memang cukup nikmat. Teksturnya yang lembut, wangi, dan rasa manisnya begitu menggoyang lidah. Buah ini juga cocok dijadikan campuran olahan makanan dan minuman. Mau ditambahkan pada puding, dibuat jus, atau dicampurkan pada es dawet, bisa menggugah selera saat memakannya.

Buah yang pohonnya  banyak ditemukan di negara Asia ini bukan hanya nikmat, tapi juga kaya khasiat. Setidaknya ada enam manfaat yang bisa diperoleh dengan makan buah ini. Dikutip dari Nutrition and You, inilah manfaat nangka bagi kesehatan:

  1. Nangka dapat mengembalikan energi tubuh secara langsung. Pasalnya, nangka memiliki kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang langsung diubah menjadi energi melalui proses metabolisme.
  2. Serat pada nangka baik untuk mengatasi sembelit. Selain itu, serat nangka juga dapat melindungi membran mukosa usus dan mengikat zat karsinogen penyebab kanker di usus besar.
  3. Tubuh dapat terlindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Sebab, nangka kaya vitamin A dan antioksidan flavanoid seperti beta-karoten, xanthin, lutein, dan beta-cryproxanthin. Vitamin A dalam nangka juga menjaga selaput lendir dan kulit.
  4. Nangka bisa mencegah resistensi terhadap penyebab infeksi dan melindungi dari radikal bebas yang berbahaya. Hal ini karena nangka kaya vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Dalam 100 gram nangka terdapat sekitar 13,7 miligram vitamin C.
  5. Nangka baik untuk kesehatan jantung. Dalam nangka terkandung potasium, magnesium, mangan, besi, dan kalium. Kalium berfungsi mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  6. Vitamin B kompleks ditemukan juga pada nangka. Kandungan vitamin B6, niacin, dan riboflavin cukup tinggi. Nangka juga kaya asam folat yang berguna untuk mencegah kecacatan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda